Sukses

Beauty

Bye-Bye Stres! 5 Solusi Ampuh Hilangkan Stres Setiap Hari

Fiuh, kalau sudah jenuh dan stres, rasanya tubuh sudah tak berenergi untuk melakukan kegiatan harian atau menyelesaikan pekerjaan. Belum lagi dengan dampak stres lain seperti pusing dan badan yang mudah lelah. Ladies, stres memang akan selalu jadi bagian dari hidup kita. Bahkan keseharian kita juga akan selalu diikuti dengan sejumlah masalah.

Tapi, bukan berarti tak ada solusi untuk mengenyahkan atau setidaknya mengontrol stres yang kita rasakan. Ada banyak alternatif yang bisa kita lakukan untuk mengubah energi negatif dari stres yang kita rasakan menjadi energi positif. So, daripada menenggelamkan diri dalam rasa tertekan, mending kita mulai melakukan sesuatu yang menyenangkan. Dan kali ini Vemale akan berikan lima solusi ampuh hilangkan stres yang bisa Anda pilih dan lakukan sekarang juga.

(vem/nda)

Stres? Nulis Aja!

Ladies, menulis rupanya punya banyak manfaat besar bagi kesehatan fisik dan mental. Meskipun menulis sepertinya hanya aktivitas biasa, tapi aktivitas ini ternyata bisa jadi kegiatan penyembuh stres dan depresi.

[startpuisi]Kegiatan menulis pun bisa menjadi terapi yang sangat bermanfaat. Sebuah terobosan penelitian tahun 2005 menunjukkan bahwa korban trauma yang menuliskan kejadian-kejadian tak menyenangkan selama 15-20 menit tiga hingga empat kali sehari selama periode empat bulan memperlihatkan peningkatan kesehatan fisik dan psikologis.[endpuisi]

Menulis langsung dengan pena dan kertas juga bisa merangsang daya kreativitas sekaligus membuat kita lebih bahagia. Di samping itu, kegiatan menulis juga bisa merangsang ketajaman pikiran. Nah, kalau Anda sedang merasa kesal, coba ambil pena dan kertas lalu tuangkan semua emosi Anda ke dalamnya. Setelah perasaan tertuang dalam tulisan, Anda akan bisa merasa lebih bahagia.

Mewarnai, Kegiatan yang Bisa Merilekskan Pikiran

Kegiatan mewarnai bukan hanya kegiatan yang menyenangkan untuk anak-anak. Orang dewasa pun bisa mengambil manfaat besar dan kegiatan mewarnai. Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapat orang dewasa dari kegiatan mewarnai.

[startpuisi]Aktivitas mewarnai bisa  menjaga kebugaran tubuh, menenangkan pikiran, dan menstimulasi area otak yang berkaitan dengan kemampuan motorik, perasaan, dan kreativitas.[endpuisi]

Saat mewarnai, area korteks serebrum juga ikut terpengaruh ketika kita menggunakan kemampuan melihat dan motorik kita. Hal tersebut bisa merilekskan pikiran karena mengurangi aktivitas di amigdala, bagian otak yang berperan dalam melakukan pengolahan dan ingatan terhadap reaksi emosi. Jadi kalau Anda ingin merilekskan pikiran dengan cara yang mudah dan murah, Anda bisa coba pilih kegiatan mewarnai ini.

Pijat Tubuh

Merasa tertekan dan stres? Dapatkan pijatan tubuh Anda. Pijatan bisa melancarkan peredaran darah. Selain itu aliran darah yang lebih banyak pada bagian yang sakit akan mengurangi peradangan serta mempercepat perbaikan jaringan.

[startpuisi]Pijatan dapat memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh. Tekanan dan sentuhan pada kulit pun bisa mengurangi produksi hormon stres pada tubuh. Itulah kenapa kita bisa merasa lebih rileks dan segar setelah mendapat pijatan.[endpuisi]

Ladies, kalau Anda merasa sudah sangat suntuk atau mudah lelah karena pikiran, luangkan saja waktu untuk mendapatkan pijatan tubuh. Pilihlah terapis yang juga profesional untuk memberikan pijatan tubuh yang sesuai dan pas untuk Anda.

Bangun Lebih Pagi

Ingin menjalani hari dengan lebih ringan tanpa merasa tertekan? Cobalah untuk bangun lebih pagi dan tentunya dengan mendapatkan waktu tidur yang cukup.

[startpuisi]Lakukan olahraga ringan di pagi hari minimal 10 hingga 15 menit. Misalnya saja latihan pernapasan, meditasi, dan peregangan otot. Olahraga di pagi hari bisa membuat tubuh Anda terasa lebih berenergi dan mood pun jadi lebih baik.[endpuisi]

Bangun lebih pagi juga bisa membuat Anda lebih selektif lagi memilih menu sarapan. Hindari menu sarapan yang mengandung terlalu banyak gula. Sebagai gantinya, konsumsilah makanan sehat yang kaya protein serta sayuran dan buah-buahan.

Baca dan Nonton Kisah Romantis

Hayo, siapa yang suka nonton kisah atau drama romantis? Ternyata menonton kisah romantis ada manfaatnya lho. Bahkan membaca kisah romantis juga bisa membantu diri Anda untuk berdamai dengan masalah yang Anda hadapi.

[startpuisi]Saat membaca, orang cenderung memilih kisah yang dekat dengan kehidupannya baik itu disadari atau tidak. Saat ia menemukan kisah yang tepat, sebuah fiksi cinta bisa membantunya memahami keadaan dan masalahnya.[endpuisi]

Kalau Anda merasa sedih habis putus cinta atau mengalami hari yang buruk, pilihlah kisah romantis kesukaan Anda. Kisah romantis yang mengaduk-aduk emosi pun bisa membantu Anda untuk mengeluarkan emosi Anda dengan sepenuh hati, menangis misalnya. Sebuah cerita pun bisa memberi Anda sudut pandang baru dan pelajaran hidup yang selama ini sering terlewat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading