Sukses

Beauty

1 Dari 5 Orang Dewasa Mengalami Gangguan Mental, Anda Bagaimana?

Selama ini kita sering berfokus pada sakit yang tampak mata atau sakit secara fisik. Kesadaran untuk memiliki kesehatan mental yang baik masih kurang dipahami, terutama oleh warga Indonesia. Padahal, ada banyak gangguan mental yang sama bahayanya atau bahkan lebih berbahaya dibanding penyakit fisik. Faktanya, 1 dari 5 orang dewasa mengalami gangguan mental.

Berdasarkan sebuah laporan yang dibuat oleh U.S. Substance Abuse and Mental Health Services Administration, terjadi peningkatan jumlah penderita gangguan mental pada orang dewasa. Dilansir oleh newsmaxhealth.com, disebutkan bahwa 1 dari 5 orang dewasa di Amerika Serikat mengalami gangguan mental.

  • 10 juta orang mengalami gangguan mental serius.
  • 15,7 juta mengalami gangguan depresi mayor.
  • 9,3 juta memiliki dorongan untuk bunuh diri.
  • 2,7 juta sudah memiliki rencana akan bunuh diri dalam waktu dekat.
  • 1,3 juta orang sudah melakukan upaya bunuh diri namun gagal.

"Ini adalah masalah serius, mereka yang mengalami gangguan mental harus mendapat pengobatan yang efektif untuk mensejahterakan mereka," ujar Pamela Hyde, administrator SAMHSA.

"Kondisi sekarang sebenarnya jauh lebih baik di banding tahun-tahun sebelumnya, orang-orang sudah mendapatkan bantuan dan pulih dari gangguan mental, sudah banyak yang kembali hidup aktif. Mereka memang perlu berani untuk mengambil langkah pertama dan mencari bantuan," lanjutnya.

Selain di Amerika Serikat, masyarakat secara luas harus memahami bahwa gangguan mental tak hanya berbahaya bagi pengidapnya, tetapi juga orang-orang di sekitar mereka. Maka mereka yang mengalami gangguan mental sudah seharusnya mendapat perawatan secara medis, bukan diasingkan atau dijauhi.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading