Sukses

Beauty

Gimana Sih Supaya Nggak Gampang Stres di Tengah Kesibukan Padat?

Eh, memangnya bisa ya nggak stres saat dihadang dengan kesibukan yang sangat padat? Bukannya kalau sudah sibuk melakukan banyak hal, kita malah lebih gampang depresi? Well, iya sih, tapi kalau waktu tidak diisi dengan hal-hal menyibukkan yang produktif, sayang kan kalau tidak dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Nah, supaya nggak gampang stres atau depresi di tengah kesibukan padat, coba deh ikuti enam tips dari Martin Bjergegaard penulis buku Winning Without Losing yang dilansir dari pickthebrain.com berikut ini.

    Pilih 1 Misi yang Memotivasi Anda

    Apapun pekerjaan atau hal yang Anda lakukan, selalu pastikan Anda memiliki misi atau motivasi. Setiap hal yang Anda kerjakan harus memberikan arti untuk Anda. Karena melakukan sesuatu yang memberi arti itu sebenarnya nanti dengan sendirinya akan memberi energi pada diri Anda sendiri. Sehingga kalau pun harus lembur mengerjakan sesuatu, Anda tak akan mudah stres karena Anda tahu apa yang Anda kerjakan itu penting untuk Anda.

    Tetap Jadi Diri Sendiri

    Kita tak bisa menyenangkan hati semua orang. Kita juga tak bisa jadi orang lain. Tetaplah jadi diri kita sendiri, lakukan semua yang kita bisa dengan sebaik-baiknya.

    Kenali 'Flow' Anda

    Pernahkah Anda merasa sudah begitu tenggelam dengan pekerjaan Anda dan betah berjam-jam melakukannya? Itu adalah sebuah kondisi yang disebut 'flow' yaitu ketika kita benar-benar fokus pada sebuah hal. Jadi Anda tak perlu menghabiskan semua waktu Anda untuk mengerjakan banyak hal. Kenali 'flow' Anda, lalu maksimalkan sebaik mungkin, jika bisa Anda pun perlu mengunci diri Anda sendiri untuk bekerja dengan kondisi 'flow' tersebut selama berjam-jam agar tak ada yang mengganggu.

    Membuat Daftar Harian

    Awali dengan cara yang sederhana, mengawali hari dengan menuliskan 2-3 hal penting yang ingin Anda lakukan di pagi hari. Buatlah daftar harian, agar nantinya Anda tahu apa saja yang harus dilakukan dengan cara yang lebih efisien.

    Jangan Membalas Email Emosional

    Saat sedang berkomunikasi dengan klien melalui email dan terjadi kesalahpahaman, sebaiknya segera temui secara tatap muka. Tak perlu menghabiskan waktu untuk membalas email emosional yang penuh kemarahan atau kesalahpahaman karena hanya akan buang-buang waktu saja.

    Pulang ke Rumah Tepat Waktu

    Kalau Anda bekerja di kantor, pulanglah ke rumah tepat waktu. Pastikan Anda bisa membagi prioritas Anda dengan baik. Jangan sampai Anda pulang ke rumah dalam keadaan stres dan malah membuat anggota keluarga lain merasa terganggu dengan emosi Anda.

Kesehatan mental dan pikiran juga sama pentingnya dengan kesehatan tubuh. Jangan memaksakan diri jika Anda mulai merasa tertekan atau lelah. Selalu kenali tubuh Anda dengan baik agar nantinya tidak terjadi hal yang lebih buruk pada Anda.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading