Sukses

Beauty

Kenapa Sih Perasaan Negatif Itu Kerap Muncul?

Ladies, Anda pasti pernah merasakan adanya perasaan negatif yang tiba-tiba muncul dalam diri Anda. Seakan segala sesuatu yang terjadi di sekitar Anda hanya memperkuat rasa negatif dari dalam diri Anda. Akibatnya Anda malah merasa semakin stres dan tertekan. Sebenarnya kenapa sih perasaan negatif itu bisa muncul dari dalam diri kita?

Erbe Sentanu dalam bukunya Quantum Ikhlas menyebutkan bahwa salah satu penyebab kita mudah terbawa ke zona perasaan negatif adalah karena kita sering terlalu memaksa atau menuntut terlalu banyak dari diri sendiri. Saat Anda memaksakan diri Anda untuk terus bekerja keras hingga kehabisan energi, perasaan negatif bisa semakin kerap muncul. Pastinya sangat melelahkan ketika badan kita sudah kehabisan tenaga tetapi kita masih juga dituntut untuk terlihat bahagia dan menyenangkan.

Lalu, bagaimana cara mengatasi perasaan negatif tersebut? Ada dua hal paling dasar yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

1. Izinkan Diri untuk Berbahagia
Mungkin Anda sudah menuntut terlalu banyak hal dari tubuh dan pikiran Anda sehingga Anda merasa semakin terpuruk dan perasaan negatif jadi semakin kuat. Jika sudah seperti itu, izinkan diri Anda untuk berbahagia. Anda perlu memilih untuk merasa bahagia, bukan karena orang lain atau menyenangkan hati orang lain, tetapi untuk diri Anda sendiri.

Luangkan waktu sejenak untuk melakukan sesuatu yang paling Anda sukai. Nonton film, jalan-jalan santai, atau mungkin hanya berdiam diri di rumah sambil membaca buku kesukaan Anda.

Bersyukur juga merupakan cara lain untuk berbahagia. Mensyukuri hal-hal sederhana bisa memunculkan energi positif dari dalam diri sendiri. Coba tarik napas Anda dalam-dalam, pikiran satu hal yang Anda syukuri hari ini, lalu hembuskan napas dengan mengucapkan rasa syukur tersebut. Saat hati sudah terasa ikhlas, kita akan merasa lebih ringan menjalani keseharian kita tanpa dihantui perasaan negatif.

2. Izinkan Diri untuk Beristirahat
Tubuh dan pikiran juga punya hak untuk beristirahat. Jangan sampai nantinya Anda jatuh sakit hanya karena tak bisa meluangkan waktu untuk beristirahat. Kerja pun nantinya jadi tidak optimal saat Anda sudah menguras semua energi yang Anda miliki. Segarkan tubuh Anda dengan beristirahat atau berlibur sejenak. Nantinya ketika tubuh sudah terasa segar, perasaan pun jadi lebih positif. Hingga nanti saat sudah kembali ke rutinitas kerja, Anda bisa lebih produktif dan semangat.

Sebelum melakukan sesuatu, sebisa mungkin kondisikan diri Anda dengan menghadirkan perasaan yang lebih positif. Saat perasaan sudah positif, hasil kerja pun bisa lebih efektif. Dan tentunya kita tak akan merasa menderita apalagi tersiksa dalam mengerjakan sesuatu.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading