Sukses

Health

5 Makanan Ini Penyebab Susah Tidur di Malam Hari

Fimela.com, Jakarta Insomnia yang melanda tubuh saat sedang membutuhkan istirahat tentu sangat menyebalkan. Malam hari di mana seharusnya bisa menjadi waktu istirahat yang ideal untuk tubuh justru menjadi waktu menyiksa karena kamu tak dapat tidur dengan nyenyak.

Akibatnya, keesokan harinya wajah menjadi kusam, lelah, lesu, timbul kantung mata dan bahkan tidak fokus seharian karena merasa mengantuk. Ada banyak penyebab kurang tidur, bisa karena stres atau bahkan makanan. Jika tidak ingin susah tidur di malam hari, sebaiknya hindari makan makanan ini sebelum tidur malam. 

1. Kopi

Kopi memiliki kandungan kafein yang tinggi sehingga dapat memberikan efek terjaga pada tubuh karena otak terstimulasi untuk tetap waspada. Meskipun dapat meningkatkan konsentrasi bekerja, tapi kopi sebaiknya tidak diminum di malam hari karena efeknya yang menunda rasa kantuk. Yang perlu diingat, kafein tidak semata-mata ditemukan pada kopi, tapi juga beberapa minuman seperti soda, teh, dan beberapa obat-obatan. Jika kamu sensitif terhadap kafein, sebaiknya menghindari minuman dan obat-obatan yang sekiranya mengandung kafein.

2. Makanan fermentasi

Mungkin kamu tak pernah menyangka bahwa makanan hasil fermentasi seperti yogurt, tape, keju, acar dan makanan fermentasi lainnya juga dapat menjadi penyebab susah tidur di malam hari. Makanan fermentasi ternyata memiliki kandungan asam amino tyramine yang mampu menstimulasi otak lebih waspada dan menghambat rasa kantuk. Hindari konsumsi makanan fermentasi sebelum tidur agar dapat beristirahat dengan nyenyak.

3. Makanan pedas

Senyawa capsaicin di dalam cabai atau makanan pedas juga mampu membuat mata melek. Selain menimbulkan rasa panas di lidah dan membuat mata terjaga, makanan pedas juga menyebabkan sakit perut yang juga menggangu timbulnya rasa kantuk. Karena itu, sebaiknya hindari konsumsinya sebelum tidur. Kamu tak harus berhenti mengonsumsi makanan pedas, tapi cukup menghindari konsumsinya 3 jam sebelum tidur.

4. Makanan manis

Makanan yang memiliki rasa manis ternyata juga mampu menghambat rasa kantuk. Makanan yang memiliki kadar gula tinggi atau indeks glikemik tinggi menyebabkan lonjakan gula darah sehingga terjadi pelepasan insulin. Terkadang lonjakan gula darah bisa menyebabkan kantuk, tapi untuk kasus tertentu juga bisa menyebabkan sulit tidur. Penelitian membuktikan bahwa interaksi kompleks insulin dengan hormon adrenalin, kortisol, glukagon, dan hormon pertumbuhan dapat berdampak negatif pada kualitas tidur, bahkan dapat menyebabkan insomnia.

5. Makanan berlemak

Makanan dengan kandungan lemak tinggi seperti daging, makanan cepat saji dan beberapa kue juga dapat mengganggu tidur. Pencernaan tubuh secara alami melambat ketika seseorang pergi tidur. Makanan berlemak akan menyebabkan perut terasa penuh dan dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut karena gangguan pencernaan dan asam lambung naik. Banyak penelitian bahkan membuktikan adanya kaitan konsumsi makanan berlemak dengan kecenderungan mengalami insomnia.

Jadi, jika tidak ingin susah tidur di malam hari, sebaiknya hindari makan makanan tersebut sebelum tidur malam.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading