Sukses

Beauty

Waspadai Efek Buruk KDRT Untuk Kesehatan

Hidup berumah tangga memang suatu keputusan besar yang bisa dipilih seseorang. Bagaimana tidak, kehidupan bisa banyak berubah, dan Anda pun mengalami berbagai macam hal yang mengejutkan. Sebuah hubungan seperti itu juga sebaiknya bisa mendukung kehidupan Anda secara keseluruhan, termasuk kesehatan mental dan fisik Anda.

Namun tidak semua rumah tangga bisa berjalan dengan lancar dan tanpa kendala. Banyak di antara rumah tangga yang memiliki masalah semacam KDRT. Hal inilah, yang menurut healthmeup.com bisa sangat buruk pengaruhnya untuk kesehatan fisik dan mental perempuan.

Selain menjadi bulan Kesadaran Kanker Payudara, bulan Oktober ini juga menjadi Domestic Violence Awareness Month atau dalam Bahasa Indonesia diperingati sebagai Bulan Kesadaran Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Hal ini diperingati karena penelitian menunjukkan bahwa sepertiga dari seluruh wanita di dunia mengalami kekerasan dalam rumah tangga atau disingkat KDRT.

Korban KDRT bukan hanya bisa mengalami kekerasan fisik hingga mengancam nyawa, namun juga bisa mengalami berbagai macam pikiran buruk, trauma, stres dan sebagainya hingga mengalami depresi. Secara fisik, mereka bisa mengalami memar, keseleo, hingga patah tulang. Ada beberapa yang mungkin juga memiliki masalah organ dalam karena pukulan.

Jika tidak ditangani dengan serius dan periksa ke dokter, wanita korban KDRT bisa mengalami kondisi kesehatan yang parah. Hal ini akan diperparah jika wanita korban KDRT sedang hamil. Secara mental pun, korban KDRT bisa mengalami kecemasan, depresi, trauma, menimbulkan perilaku antisosial, rendah diri, gangguan tidur hingga keinginan bunuh diri.

Jadi, menyadari bahaya KDRT juga sangat penting untuk wanita agar bisa menjaga kesehatan fisik dan mental sekaligus mencegah adanya hubungan tidak sehat dalam keluarga, Ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading