Sukses

Beauty

Penting, Atasi Sleep Apnea Dengan Cara Berikut

Istirahat yang paling baik adalah dengan tidur, Ladies. Gangguan tidur bisa saja menghampiri dan merusak acara istirahat Anda, dan hal ini bisa berefek buruk terhadap kesehatan. Begitu pula dengan sleep apnea, yaitu suatu kondisi di mana seseorang berhenti bernapas sejenak saat tidur.

Karena gangguan sleep apnea ini bisa berbahaya, jadi sangat perlu diatasi. Oleh karena itu, berdasarkan www.stylecraze.com, cara-cara ini mungkin bisa menghilangkan sleep apnea tanpa harus bergantung pada dokter, antara lain adalah

1. Tidur menyamping
Anda tidak mungkin tidur tengkurap, karena itu bisa menahan dan menyulitkan tubuh bernafas, sedangkan tidur telentang bisa menyebabkan gaya gravitasi bumi menarik jaringan lunak dan lidah ke bawah sehingga menghalangi jalan masuknya udara. Jadi, sebaiknya tidur menyamping agar udara bisa dengan mudah masuk ke saluran pernapasan. Hal ini bisa sangat sulit, karena mungkin sekali Anda lelah dalam posisi miring.

2. Menurunkan berat badan
Cara lain yang bisa ditempuh adalah dengan diet menurunkan berat badan. Jalan nafas mungkin terhalang oleh banyaknya lemak yang menumpuk sehingga tubuh kesulitan mengambil nafas saat tidur. Jika berat tubuh dikurangi, tubuh menjadi lebih ringan dan paru-paru lebih mudah menghirup udara.

3. Berhenti merokok
Rokok tidak pernah memberi dampak baik, terutama untuk kesehatan. Merokok juga mempengaruhi kualitas tidur Anda dan mengganggu dengan munculnya sleep apnea. Jadi jika ingin mendapat tidur yang berkualitas, maka hentikan kebiasaan merokok sekarang juga.

4. Olahraga
Sata olahraga, Anda pasti juga akan melatih pernapasan sehingga otot pernapasan bisa bekerja lebih baik dan normal. Dengan olahraga, Anda juga melepas segala kalori dan meringankan tubuh. Hal ini akan memudahkan tubuh cepat lelah dan beristirahat dengan nyenyak.

5. Mengunyah makanan dengan baik
Jangan terburu-buru saat makan. Makanlah dengan baik dan mengunyah makanan dengan tenang. Terburu-buru hanya menimbulkan tersedak dan itu akan mengganggu jalan nafas dan jalan makanan. Hal ini juga membantu untuk memperkuat gerakan dan fungsi rahang dan lidah sehingga membantu mengurangi gejala sleep apnea.

Jika sleep apnea masih berlanjut, Anda mungkin membutuhkan mesin CPAP, yaitu alat pernapasan yang melegakan dan membantu untuk bernapas lebih baik saat tidur.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading