Sukses

Beauty

Wah, Seiring Bertambahnya Usia Otak Akan Memaksa Anda Bangun Pagi Lho

Ladis, sering merasa susah bangun dan beraktivitas di pagi hari? Hmm, bisa jadi Anda bukanlah tipe orang morning person yang produktivitasnya lebih baik di pagi hari. Namun percayakah Anda seiring bertambahnya usia, manusia bakal 'dipaksa' menjadi morning person lho. Bagaimana bisa ya?

Dalam studi terbaru yang dilakukan oleh peneliti Kanada, ditemukan bahwa semakin bertambahnya usia orang akan memilih mengerjakan tuntutan tugas-tugas di pagi hari. Penelitian ini melibatkan 16 orang dewasa muda antara usia 19 hingga 30 tahun dan 16 orang usia dewasa 31 hingga 60 tahun. "Kelompok usia dewasa lebih mampu fokus dan mengabaikan gangguan di pagi hari daripada sore hari," ujar John Anderson, Ph.D seperti yang dilansir oleh mindbodygreen.com.

Tes memori yang dilakukan kepada seluruh peserta pada jam 13.00 hingga 17.00, menunjukkan kelompok yang lebih tua lebih mudah menyerah pada gangguan daripada rekan-rekan kerja yang lebih muda. Sementara hasil yang berbeda muncul saat tes memori diuji antara jam 08.30 hingga 10.30. Kelompok yang lebih tua mengerjakan tugas-tugasnya lebih baik pada jam tersebut ketimbang kelompok yang lebih muda.

Hasil scan otak melalui MRI juga menunjukkan alasan ilmiah pada otak bagaimana hal ini bisa terjadi. Bagian otak yang disebut lobus lebih aktif pada orang dewasa muda, sehingga dapat mengatasi gangguan yang terjadi di sekitarnya lebih mudah. Oleh karena itu, orang-orang dewasa muda tidak bermasalah bekerja pada jam-jam sibuk dan suasana yang lebih riuh. Semakin bertambah usia, bagian ini akan semakin melemah sehingga orang akan lebih memilih mencari waktu yang tenang agar bisa lebih berkonsentrasi.

Banyak hal yang menguntungkan yang bisa dilakukan di pagi hari lho, Ladies. Tak ada ruginya melatih diri untuk menjadi morning person. Intip tips menghilangkan rasa malas di pagi hari di sini. Selamat menyambut hari yang bersemangat!

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading