Sukses

Beauty

Kapalbhati, Teknik Pernapasan Yoga Penurun Berat Badan

Ladies, salah satu olahraga yang tidak membuat Anda berkeringat bercucuran dan tidak harus melakukan banyak aktivitas berat adalah yoga. Selain baik untuk tubuh, juga sangat besar manfaatnya untuk ketenangan pikiran dan mental.

Jika Anda sedang menjalani program diet namun tidak suka olahraga berat seperti boxing atau angkat beban, maka yoga bisa jadi solusinya. Ini karena yoga dapat membantu menurunkan berat badan, Ladies.

Dengan teknik pernapasan yang diterapkan pada latihan yoga, seperti misalnya menarik nafas panjang, akan membuat asupan oksigen dalam darah meningkat dan mengeluarkan zat sisa berupa kadar karbon dioksida dengan lebih baik. Hal ini sekaligus memberikan Anda kesempatan lebih banyak untuk membakar lemak-lemak tubuh.

Berdasarkan kutipan www.stylecraze.com, salah satu teknik pernapasan yoga yang akan mengurangi berat badan adalah Kapalbhati. Teknik pernapasan ini disebut juga dengan teknik nafas api, yaitu latihan pernapasan yang dipopulerkan guru yoga guru Baba Ramdev.

Pernapasan ini sangat membantu penurunan berat badan latihan. Pertama-tama, duduk bersila di atas tikar atau matras yoga. Kemudian tubuh dan punggung lurus, leher dan dagu tegak menghadap depan. Tutup mata Anda dan letakkan kedua tangan pada lutut yang bersila dalam posisi yang nyaman.

Otot perut tidak perlu ditahan atau tegang, santai sepeti duduk biasa. Tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan perlahan dan tarik otot perut ke dalam. Lakukan latihan ini kurang lebih 30-50 kali dalam sekali latihan.

Lakukan latihan paling tidak 3 kali dalam seminggu atau lakukan rutin setiap hari untuk mendapat hasil yang optimal. Untuk Anda yang memiliki hipertensi, maka melakukan hal ini dalam waktu lama mungkin akan membuat Anda kelelahan dan kesemutan.

Jika Anda sedang mengalami menstruasi, maka melakukan latihan pernapasan ini bisa menyebabkan kram dan nyeri tak tertahankan pada perut bagian bawah. Jadi, untuk Anda yang hipertensi atau menstruasi, sebaiknya hindari berlama-lama latihan pernapasan yoga ini.

Teknik pernapasan Kapalbhati ini merupakan salah satu teknik pernapasan Pranayam dalam istilah yoga, yaitu teknik pernapasan dalam yang apabila dilakukan satu set latihan, akan mampu menurunkan berat badan, Ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading