Sukses

Beauty

Sering Menginginkan Makanan Manis Dan Berlemak Sebelum Menstruasi? Ini Solusinya...

Saat menjelang datangnya 'tamu' bulanan, banyak wanita menginginkan untuk terus makan makanan manis dan berlemak, apa sebenarnya yang terjadi di dalam tubuh sehingga sulit untuk menolak godaan makanan yang dapat dengan mudah menaikkan berat badan ini?

Seperti yang dilansir Womenshealthmag.com, ternyata rahasianya ada pada perubahan hormon saat sebelum menstruasi. Menjelang menstruasi, hormon stres yang disebut kortisol akan meningkat kadarnya di dalam tubuh, sebaliknya, hormon yang membuat rasa nyaman, hormon serotonin akan menurun. Perubahan ini akan membuat Anda menginginkan lebih banyak makanan yang mengandung gula dan lemak, karena jenis makanan ini akan membuat kadar hormon serotonin meningkat dan menurunkan kadar hormon kortisol, sehingga Anda akan merasa lebih nyaman dan bahagia.[quote]

Namun, kebiasaan ini ternyata dapat dicegah. Agar tidak mengalaminya, Anda dapat mencoba untuk menghindari makanan olahan, kafein, dan karbohidrat sederhana sekitar 2 minggu sebelum masa menstruasi datang.

Jika Anda tengah mengalami menstruasi atau akan mengalaminya dalam waktu dekat dan tidak dapat melepaskan diri dari aneka makanan manis dan berlemak, yang Anda dapat lakukan ialah dengan memperbanyak konsumsi protein. Gantilah makanan berlemak Anda dengan makanan berprotein tinggi seperti ikan dan kacang-kacangan. Selain dapat memuaskan keinginan Anda akan makanan berlemak, mengonsumsi makanan berprotein tinggi dapat membuat kadar gula stabil dan Anda merasa kenyang lebih lama.

Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam mengalami masa menstruasi Anda sekaligus tetap menjaga berat badan Anda, Ladies.

(vem/cha)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading