Sukses

Beauty

Ini Dia Penyebab Anda Mendengkur Saat Tidur

Dengkuran memang dianggap sebagai hal yang sangat mengganggu saat tidur. Apalagi jika Anda tidak tidur sendirian. Bisa jadi suami atau teman menginap Anda akan merasa terganggu saat Anda mendengkur. Sama seperti cara pita suara bergetar saat memproduksi suara, dengkuran juga dihasilkan ketika ada getaran struktur pernapasan pada saluran napas atas saat Anda bernafas di kala tidur. Hal ini terjadi terutama ketika udara tidak bisa bergerak bebas melalui hidung dan mulut. Berikut ini juga merupakan beberapa penyebab mengapa orang mendengkur saat tidur seperti yang dilansir oleh healthmeup.com.

Alergi Hidung atau Sinus

Banyak orang mendengkur karena mereka kedinginan dan mereka terserang penyakit sinus atau infeksi hidung. Infeksi ini akan menyebabkan penyumbatan pada saluran udara yang membuat sirkulasi pernafasan menjadi kurang lancar. Ini menciptakan ruang kosong di tenggorokan yang menyebabkan dengkuran timbul.

Anatomi Fisik

Orang dengan tenggorokan sempit, adenoid besar atau mungkin bentuk bibir yang kurang sempurna akan cenderung mendengkur saat tidur. Pria cenderung memiliki saluran pernafasan yang lebih sempit daripada wanita dan inilah yang menjadi sebab mengapa pria lebih sering mendengkur daripada wanita.

Usia

Ketika manusia beranjak semakin tua, tenggorokan akan semakin sempit dan otot di dalamnya juga akan menurun. Inilah sebabnya mengapa orang paruh baya lebih sering mendengkur daripada orang muda.

Berat Badan

Hasil dari penelitian mengemukakan bahwa berat badan ternyata berpengaruh terhadap masalah ini. Orang gemuk cenderung memiliki jaringan tenggorokan yang besarnya berpengaruh terhadap kebiasaan mendengkur saat tidur. Inilah yang menjadi alasan mengapa orang gemuk cenderung lebih sering mendengkur.

Kebiasaan Tidak Sehat

Kebiasaan kurang sehat seperti merokok akan melemaskan otot tenggorokan dan juga menghalangi jalannya pernafasan. Inilah yang menyebabkan perokok cenderung akan mendengkur saat tidur daripada yang tidak merokok.

Berikut tadi informasi yang semoga berguna bagi Anda Ladies.




(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading