Sukses

Beauty

Wow, Ternyata Manusia Dapat Mempelajari Bahasa Pada Saat Tidur!

Banyak orang di dunia yang merasa waktu 24 jam sehari masih kurang untuk melakukan aktivitas. Terlebih untuk istirahat saja kita membutuhkan 6-7 jam hanya untuk tidur. Saat tidur adalah waktu untuk tubuh dan otak kurang aktif, tetapi, ternyata saat tidur dapat Anda gunakan untuk mempelajari sebuah bahasa!

Seperti dilansir Stylist.co.uk, hal ini dikemukakan dalam hasil sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Zurich dan Fribourg. Pada saat tidur, ternyata manusia dapat mempelajari bahasa.

Pertanyaannya adalah... Bagaimana caranya?

Anda dapat belajar bahasa dengan tidur sambil mendengarkan materi. Menurut penelitian, kegiatan ini memungkinkan Anda untuk mempelajari bahasa. Penelitian ini dipublikasikan dalam Cerebral Cortex Oxford Journal.

Pada penelitian ini kelompok yang terdiri dari 60 orang yang berbahasa jerman diminta untuk mempelajari bahasa Belanda pada jam 10 malam. Satu kelompok dari relawan tersebut kemudian tidur sambil mendengarkan rekaman kata-kata dalam bahasa Belanda dengan volume kecil. Sedangkan kelompok kedua mempelajari kata-kata dalam bahasa Belanda itu tanpa tidur.[quote]

Selanjutnya pada pukul 2 dini hari, kelompok yang tidur dibangunkan dan melakukan sebuah tes bersama kelompok kedua. Hasilnya cukup mengejutkan. Ternyata, kelompok yang belajar sambil tidur memiliki nilai tes yang lebih baik secara signifikan daripada kelompok yang tidak tidur.

Hal ini membuktikan bahwa kita bisa mempelajari sesuatu saat tidur. Hasil penelitian ini juga sejalan dengan penelitian sebelumnya yang menguji ingatan orang dengan metode yang sama.

Syarat utama dari metode ini adalah Anda telah membaca materi yang akan dengarkan sebelum tidur paling tidak sekali saja. Dengan begitu, mendengarkan kembali saat tidur dapat membuat Anda merekam lebih baik apa yang telah Anda baca. Karena mendengarkan sesuatu yang masih asing pada saat tidur tidak akan memberikan efek.

(vem/cha)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading