Sukses

Beauty

Bulan Ramadan, Jangan Gampang Marah Dong!

Meskipun marah tidak membatalkan puasa (kecuali jika marah-marahnya sambil makan roti), kita sebaiknya bisa mengontrol emosi dan amarah kita dengan jauh lebih baik lagi. Kalau kebanyakan marah waktu lagi puasa, pahala kita bisa-bisa berkurang banyak, ya kan? Berikut ini akan Vemale bagikan tips-tips agar tidak mudah marah atau tersulut emosi saat puasa di bulan Ramadan.

    Tarik Napas Selama Beberapa Detik

    Ketika level glukosa dalam darah menurun saat puasa, kita bisa lebih mudah tersinggung. Tetapi sebelum Anda marah atau melontarkan kata-kata kasar saat puasa, tarik napas Anda selama beberapa detik sambil ingatkan diri Anda bahwa Anda sedang berpuasa. Kalau mau dapat pahala penuh saat puasa, kita juga harus bisa mengontrol diri kita sebaik mungkin.

    Olahraga Ringan

    Tubuh dan pikiran yang rileks akan lebih mudah dikontrol. Dan, salah satu cara untuk bisa mendapatkan tubuh dan pikiran yang tenang adalah dengan melakukan olahraga ringan.

    Ubah Posisi Anda

    Ketika Anda sedang meluap-luap dan ingin segera marah, langsung ubah posisi Anda. Jika Anda duduk, maka berdirilah. Atau ketika Anda berdiri, maka cobalah untuk duduk atau berbaring. Anda bisa juga melakukan kegiatan yang bisa mengurangi stres Anda dan membuat Anda lebih tenang seperti melukis, menggambar, atau mendengarkan musik lembut.

    Lakukan Ibadah Wajib Tepat Waktu

    Shalat lima waktu adalah ibadah wajib yang tak boleh ditinggalkan. Agar hati Anda tetap terasa tenang, jangan lewatkan ibadah wajib Anda. Selain itu, Anda juga bisa melakukan ibadah-ibadah sunah lain agar hati Anda terasa lebih dingin dan tidak mudah tersulut amarah.

    Cari Waktu yang Tepat untuk Berbicara

    Amarah atau emosi bisa meledak ketika Anda berbicara dengan orang di waktu yang salah, misalnya ketika orang yang Anda ajak bicara itu sedang berkutat dengan tenggat pekerjaan yang sangat ketat. Ini adalah salah satu cara untuk mencegah diri Anda terpancing amarah.

Orang yang kuat bukanlah orang yang memiliki otot kuat tetapi orang yang bisa mengontrol dirinya saat marah. Jadi, masih mau gampang marah saat bulan Ramadan?

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading