Sukses

Health

5 Cara agar Tidak Mudah Haus selama Puasa Ramadan

Fimela.com, Jakarta Air merupakan cairan paling penting yang dibutuhkan oleh tubuh, bahkan sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Tidak mengherankan jika kita akan merasakan haus selama menjalankan puasa di bulan Ramadan. Tapi pada faktanya, kebanyakan orang hanya mengkonsumsi sedikit air setelah berbuka puasa dan lupa untuk minum cukup air hingga puasa hari berikutnya. Karena itulah, kita jadi mudah merasa haus selama menjalani puasa. Lalu bagaimana caranya agar tidak mudah merasa haus saat puasa? Ini dia cara mengatasinya.

1. Hindari makanan pedas dan berminyak

Sebaiknya jangan banyak makan makanan yang digoreng dan pedas. Makanan terlalu banyak minyak mampu menyebabkan panas dalam maupun begitu pula dengan makanan pedas yang mampu membakar lambung sehingga membuatmu mudah merasa haus dan dehidrasi. Makanan pedas dan berminyak terlalu banyak juga bisa mengganggu proses pencernaan. Jadi alangkah baiknya jika dikurangi porsinya, atau konsumsi tidak pada saat perut kosong.

2. Hindari makanan asin dan terlalu asam

Hindari menambahkan banyak garam pada makanan, atau sering makan makanan asin gurih. Begitu pula hindari makanan asam karena rentan menimbulkan asam lambung tinggi. Menghindari makanan asin dan acar sangat disarankan, karena jenis makanan ini akan meningkatkan kebutuhan air dalam tubuh. Jika ingin berbuka puasa dengan perasan jeruk nipis, lemon atau cuka, pastikan lambung kuat menerimanya.

3. Makan buah dan sayuran segar

Mengonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran segar sangat dianjurkan karena mengandung banyak air sehingga dapat membantu mencegah dehidrasi. Selain itu buah dan sayuran memerlukan waktu yang cukup lama untuk dicerna karena kaya serat, sehingga bisa menghindari rasa haus sekaligus lapar selama puasa.

4. Hindari makanan manis

Bukan hanya makanan asin yang memicu rasa haus, makanan dan minuman manis juga mampu membuat tubuh mudah merasa haus karena kadar gula darah naik akan direspon tubuh sebagai keinginan untuk minum lebih banyak sebagai cara menetralisir. Jika ingin minum jus buah, sebaiknya buat sendiri jus buah segar dan hindari menambahkan terlalu banyak gula. Makan buah yang manisnya alami jika ingin makan yang manis-manis.

5. Cukup minum air saat buka dan sahur

Minum air putih setidaknya delapan gelas per hari setelah berbuka hingga sahur sehingga tubuh tidak rentan dehidrasi. menjelang puasa di hari berikutnya. Jika ingin berolahraga, sebaiknya hindari paparan sinar matahari yang panas dan disarankan melakukan olahraga di sore hari menjelang waktu berbuka puasa. Atau setelah buka puasa setelah salat tarawih.

Berbuka puasa juga seharusnya diawal dengan minum air putih. Jika ingin minum air dingin atau es, boleh asal secukupnya saja. Semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa ya Sahabat Fimela.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading