Sukses

Beauty

Bahu Kaku, Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Bahu kaku bisa menyebabkan rasa tidak nyaman sampai kesakitan. Ini akan membuat gerakan tubuh juga tidak selincah biasanya. Namun jangan khawatir Ladies, beberapa latihan sederhana di rumah akan bisa membantu Anda mengatasi masalah yang satu ini.

Bahu kaku ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal antara lain:

  • Peradangan akibat penyakit seperti diabetes bisa menjadi penyebab bahu kaku.
  • Cedera yang pernah menyerang juga bisa menjadi penyebab terjadinya bahu kaku.
  • Terlalu sering membawa beban berat atau stres bisa menjadi penyebab otot bahu menjadi menegang dan kaku.
  • Aktivitas yang menuntut kegiatan memutar lengan bisa pula melukai bahu Anda.


Gejala pada bahu kaku ini antara lain, rasa kaku dan nyeri pada pundak, Anda akan merasakan nyeri saat Anda menggerakkan tangan Anda, beberapa orang bahkan mengalami rasa sakit pada pergelangan tangan. Namun, jangan khawatir, bahu yang kaku ini bisa diatasi dengan beberapa tips seperti yang dilansir oleh healthmeup.com berikut ini.

  1. Latihan ini bisa dilakukan di rumah. Berbaringlah, letakkan tangan Anda pada pundak sebelah kiri dan ikuti siku untuk membentuk sebuah lingkaran kecil. Kemudian gerakkan melawan arah jarum jam. Lakukan hal yang sama pada lengan sebelah kanan.
  2. Berdirilah dengan tegak dan letakkan lengan kanan Anda secara horizontal dari tanah. Lakukan bergantian dengan lengan kiri.
  3. Berdirilah dengan tegak dan tepukkan tangan Anda di belakang namun pertahankan posisi tegak. Secara perlahan-lahan gerakkan tangan Anda sampai Anda merasakan tarikan. Tahan posisi ini selama 30 detik dan kembali ke posisi semula.
  4. Berbaringlah terlentang, pegang pergelangan tangan Anda. Perlahan-lahan gerakkan lengan Anda ke depan dan tahan dalam posisi lurus selama 10 hitungan lalu kembali ke posisi semula.


Selamat mencoba.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading