Sukses

Beauty

Takut Ngantuk Saat Lembur Kerja? Ini Lho Solusinya!

Ketika kita harus lembur kerja atau dapat kerja shift malam, tantangan terberat dan terbesar adalah mengatasi rasa kantuk. Saat malam tiba, tubuh memang sebaiknya sudah diistirahatkan, tetapi jika ada tuntutan bekerja hingga larut malam atau malah sampai keesokan paginya lagi, ya mau tidak mau kita harus pintar-pintar mencari jalan keluarnya. Ladies, ini dia sejumlah tips praktis yang dirangkum dari womansday.com agar bisa tetap produktif dan tidak mudah ngantuk saat lembur kerja.

Gunakan Cahaya Terang

Cahaya terang akan membuat tubuh Anda terus berenergi dan semangat. Selain itu, dengan cahaya yang terang, tubuh Anda akan berhenti memproduksi melatonin. Satu atau dua jam terakhir di waktu lembur Anda, coba pilih lampu yang sedikit lebih redup. Dengan demikian, tubuh Anda akan bisa menyesuaikan diri dan saat kembali ke rumah, Anda tak akan kesulitan untuk tidur dan beristirahat.

Peregangan 10 Menit Setiap Jam

Usahakan melakukan peregangan selama 10 menit setiap satu jam. Peregangan ini bisa bermacam-macam seperti jalan di tempat, melemaskan otot kaki dan tangan, atau lari-lari kecil di tempat. Dengan begitu, detak jantung dan aliran darah Anda bisa mengalir dengan baik. Olahraga seperti ini juga bisa menurunkan level hormon stres yang bernama kortisol.

Pilih Camilan Kaya Protein dan Kaya Serat

Agar gula darah dan tingkat energi Anda tetap stabil, usahakan untuk selalu makan sesuatu setiap empat jam sekali. Beberapa pilihan camilan sehat untuk teman lembur Anda, antara lain salad, sayuran segar atau buah yang dipotong-potong, kacang, dan yogurt.

Selalu Minum Air Putih

Rasa haus dan lapar bisa hanya beda tipis. Ketika lembur, Anda mungkin merasa sangat lapar dan ingin makan sesuatu yang mengandung karbohidrat agar cepat kenyang. Namun, akan lebih baik untuk minum satu atau dua gelas air putih terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan untuk makan makanan besar apa tidak.

Oh iya, agar setelah selesai lembur, Anda bisa langsung istirahat dan tidur dengan nyenyak, usahakan satu jam terakhir di jam lembur Anda, Anda redupkan pencahayaan ruang kerja Anda. Ini akan menciptakan sinyal psikologis yang mengarah bahwa tubuh Anda sudah waktunya diistirahatkan.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading