Sukses

Health

7 Cara agar Selalu Tidur Nyenyak dan Mimpi Indah

Fimela.com, Jakarta Tidur adalah satu-satunya cara istirahat terbaik yang dibutuhkan tubuh untuk mengembalikan tenaga dan fungsi tubuh yang optimal. Siapa pun butuh tidur yang nyenyak dan berkualitas, apalagi untuk orang yang telah bekerja seharian dan lelah sampai rumah. Tidur juga bukan hal yang sepele, karena tak jarang ternyata banyak orang sangat sulit mendapatkan tidur yang berkualitas. Ada yang mengeluh selalu mimpi buruk, ada yang bilang selalu terbangun tiba-tiba atau bahkan mengalami insomnia. Jika kebetulan kamu ingin mendapatkan tidur yang nyaman, nyenyak, sekaligus mimpi indah coba baca sekian hal ini.  

1. Makan malam

Terkadang kita susah tidur atau mudah terbangun di malam hari saat tidur adalah karena perut yang lapar. Untuk mendapatkan tidur yang nyaman tanpa harus terbangun karena rasa lapar, sebaiknya penuhi kebutuhan makan 3 jam sebelum tidur. Jika makan dekat dengan jam tidur, yang terjadi adalah tubuh memiliki energi berlebih yang belum sempat dibakar sehingga membuatmu tidak segera ingin tidur. Parahnya lagi, kalori makanan yang tidak terpakai untuk aktivitas itu akan diubah tubuh menjadi lemak sebagai energi cadangan, akibatnya makan malam sebelum tidur berisiko membuatmu gemuk. 

2. Mandi

Jika suhu sedang hangat atau bahkan gerah, mandi sebelum tidur sangat membantu membuatmu mudah mengantuk dan tidur nyenyak karena suhu tubuh menjadi lebih sejuk. Banyak orang memang tidak disarankan sering-sering mandi pada malam hari, tetapi jika kamu merasa tidak nyaman karena terlalu berkeringat, sebaiknya mandi dengan air hangat sebelum tidur, basahi kepala agar dingin. Atau jika suhu udara tidak terlalu dingin, kamu bisa mandi dengan air dingin. Gunakan sabun yang mengandung aromaterapi atau parfum favorit agar membantu tubuh rileks.

3. Jangan beraktivitas berat

Hindari mengerjakan sesuatu yang berat sebelum tidur. misalnya olahraga. Boleh lakukan olahraga agar badan lelah dan mudah mengantuk tapi sebisa mungkin 3 jam sebelum tidur sama halnya seperti makan. Jika kamu baru menyelesaikan pekerjaan pada malam hari, sebaiknya ambil jeda waktu sejenak untuk rileks. Misalnya nonton TV atau film terlebih dahulu agar membantu tubuh rileks.

4. Atur suhu kamar

Jika ingin cepat mengantuk, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengatur suhu ruangan menjadi lebih sejuk atau dingin. Pastikan suhu ruangan kamar Anda tidak terlalu panas karena ketika tubuh merasa gerah maka kamu tidak akan merasa rileks. Kamar dengan ventilasi yang cukup akan memudahkan udara berganti dan menjaga suhu tetap sejuk. Jika tak memiliki banyak pengaruh, bisa dibantu dengan menyalakan kipas angin atau AC sehingga kelembapan kamar bisa disesuaikan dengan suhu yang cocok untuk tubuh cepat tertidur.

5. Jika overthinking

Salah satu penyebab susah tidur yang dialami banyak orang umumnya karena overthinking atau suka berpikir berlebihan. Entah kamu berpikir akan ada hantu di dekatmu atau punya beban pikiran tersendiri, atasi dulu pikiran itu. Punya kecemasan boleh tapi sebaiknya tidak dibawa tidur, istirahatlah dahulu baru besok setelah pikiran tenang dan jernih, baru bisa dipikirkan lagi. Yang paling penting kamu tidur yang tenang dahulu, Memikirkan hal yang paling menakutkan hanya akan membuatmu bermimpi buruk atau tidak kunjung tidur. 

6. Posisi bantal

Pastikan posisi kepala dan leher nyaman saat kamu akan beranjak tidur. Jika kamu menempatkan kepala pada posisi yang tidak nyaman, kamu hanya akan membuat leher sakit saat bangun dan ini juga salah satu penyebab mimpi buruk. Posisi kepala pada bantal sangat memengaruhi nyeyak tidaknya tidur, bahkan menentukan apakah posisi itu baik untuk syaraf dan ototmu. Seringkali orang bangun tidur dengan leher yang sakit karena posisi tidur pada bantal tidak baik. Jadi pastikan mengatur posisi bantal yang nyaman.

7. Sediakan air minum

Usahakan untuk minum segelas air atau menaruh botol air putih di dekat tempat tidurmu. Minum susu sebelum tidur diyakini juga akan membuatmu cepat mengantuk. Mungkin jika kamu terbangun karena haus atau merasa terlalu panas, kamu bisa langsung minum untuk mengatasi haus, tidak harus pergi ke dapur sehingga membuatmu lebih awas dan sadar. Begitu minum, kamu bisa langsung tidur dan itu tidak akan membuatmu memulai dari awal untuk membangkitkan keinginan mengantuk.

Jadi jika merasa susah tidur, coba ketahui apa alasannya dan coba tips di atas. Semoga tidur kamu nyenyak ya Sahabat Fimela.

 

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading