Haruskah Mengkhawatirkan Kuku Kaki Yang Berwarna Kuning dan Tebal?

Jum'at, 18 Oktober 2013 18:57



(c) shutterstock

Vemale.com - Kuku jari kaki yang berwarna kuning mungkin merupakan pertanda akan adanya penyakit menular, seperti infeksi karena jamur misalnya. Namun, banyak kuku jari kaki menjadi berwarna kuning karena alasan lain yang jauh dari kata berbahaya; karena buruknya sirkulasi darah, karena berjalan kaki tanpa alas, atau karena kurangnya perawatan pada kaki.

Menurut laman dailyglow.com, pada beberapa kasus warna kuning yang muncul disebabkan oleh warna kutek yang berwarna gelap yang telah menodai bantalan kuku. Anda akan tahu kalau penyebab perubahan warna kuku jika permukaan kuku terasa lembut dan perubahan warna tersebut terjadi secara merata pada semua kuku.

Masalah ini dapat dengan mudah diatasi dengan beberapa cara. Seperti, pengaplikasian lapisan dasar kutek, dengan menghapus kutek secara berkala, atau dengan menggunakan kutek yang berwarna lebih cerah.

Untuk mengetahui apakah jamur memang terdapat pada kuku kaki, kenali tandanya. Infeksi jamur biasanya tidak hanya menyebabkan perubahan warna menjadi kuning, tetapi juga menyebabkan kuku kaki menebal dan gampang lepas.

Selain itu, infeksi jamur hanya akan mempengaruhi beberapa atau bahkan hanya satu kuku saja. Biasanya, infeksi jamur diikuti oleh kulit yang bersisik dan terasa gatal pada tumit atau pada area di antara jari-jari kaki.

Kemungkinan lainnya adalah psoriasis pada kuku yang terlihat sama persis dengan infeksi jamur. Bedanya, orang yang memiliki psoriasis pada kuku kaki juga akan memiliki psoriasis pada bagian tubuh lainnya, terutama pada lutut atau siku.

Tapi Ladies, sepertinya satu-satunya cara paling tepat untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya terjadi pada kuku kaki tentu saja dengan bantuan dokter.

Oleh: Ratih Kristianasari

(vem/rsk)







ARTIKEL TERKAIT - SEGAR DAN RILEKS
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Libra

29 September - 5 Oktober
Khawatir akan masa depan memang sah-sah saja Ladies namun Anda harus...