Apa Sih Diet Gluten Free Itu?

Rabu, 04 September 2013 11:59


(c) shutterstock

Vemale.com - Ladies, apa sih makanan gluten-free itu? Mengapa banyak sekali ahli kesehatan dan para artis yang mengaku diet gluten-free?

Sebelum mengetahui apa itu diet gluten-free, sebaiknya kita mengenal dulu apa itu gluten. Menurut webmd.com, gluten adalah sebuah tipe protein yang sangat spesifik, yang tidak Anda temukan di kandungan daging atau telur. Gluten ditemukan pada gandum, rye, dan barley.

Nah, diet gluten-free berarti bahwa Anda harus menghindari makanan yang mengandung gandum, rye, dan barley. Diet gluten-free sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki alergi terhadap gluten dan celiac disease. Celiac disease adalah kerusakan pada usus yang muncul akibat konsumsi gluten.

Bila Anda ingin melakukan diet gluten, maka Anda disarankan untuk selalu mengecek makanan yang akan Anda beli. Usahakan untuk tidak membelin makanan yang mengandung kata-kata “wheat, wheat gluten, barley, rye, malt, hidrolized vegetable protein”.

Lalu bagaimana dengan oat dan sereal?

Oat, yang sangat membantu Anda untuk menurunkan berat badan dan kolestrol, memang tidak mengandung gluten. Tetapi, oat bisa meningkatkan gejala-gejala alergi gluten, seperti sakit perut, kembung, dan diare.

Bagaimana dengan roti?

Say good bye sajalah, Ladies. Mereka yang memiliki alergi gluten tidak disarankan untuk mengkonsumsi hampir semua jenis roti. Termasuk pizza, karena pizza mengandung roti. Untungnya, sudah ada banyak produk roti yang dibuat dengan menggunakan tepung beras atau kentang sebagai gantinya.

Nah, itu dia gluten-free yang sedang marak dibicarakan sebagai salah satu alternatif diet. Kalau Anda ingin diet gluten-free seperti Farah Queen, maka hanya satu kuncinya: jangan makan roti!

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/rsk)





ARTIKEL TERKAIT - SEGAR DAN RILEKS
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Aries

14 April - 20 April
Sedang semangat sekali di minggu ini bekerja keras memang harus dilakukan...