Sukses

Beauty

Anda Tidak Harus Tidur 8 Jam Setiap Hari

Selama ini, banyak saran kesehatan yang menuliskan bahwa jumlah tidur yang baik adalah 8 jam. Nyatanya, hal itu tidak berlaku bagi semua orang, karena setiap prang punya kebutuhan tidur yang berbeda. Napoleon Bonaparte pernah mengatakan, "Tidur enam jam adalah untuk pria, tujuh jam untuk wanita, dan delapan jam untuk pemalas," hal tersebut tidak bisa disalahkan.

Dalam sebuah survey yang dilakukan Till Roenneberg selama 10 tahun dan melibatkan 150.000 orang, hanya sekitar 27 persen yang tidur selama 8 jam atau lebih setiap hari, seperti dilansir Huffingtonpost. Sedangkan 11 persen relawan dalam survey hanya tidur selama 6 jam setiap hari. Yang dikatakan Napoleon benar, rata-rata wanita butuh tidur lebih lama dari pria, tetapi hanya 14 menit lebih lama dibandingkan pria.

Sedangkan bila dilihat dari selisih umur, mereka yang berada dalam kelompok usia 10 tahun membutuhkan tidur selama 9 jam setiap hari. Sementara itu, orang dewasa dalam usia 30 tahun rata-rata membutuhkan tidur selama 7 jam. Usia memang menjadi salah satu pembeda kebutuhan tidur. Hal ini secara nyata dapat dilihat pada bayi, mereka tidur lebih lama dibandingkan orang dewasa, dan hal tersebut adalah normal.

Seringkali orang-orang terbangun karena alarm, lalu berapa jam yang dibutuhkan setiap orang untuk tidur yang maksimal? Jika Anda terbangun dengan sendirinya dan tubuh sudah segar, maka itu adalah tanda bahwa Anda sudah mendapatkan waktu tidur yang cukup. Tubuh Anda yang paling tahu jawabannya. Kadang, ada orang yang seolah ditakdirkan selalu terbangun jika sudah tertidur selama 7 jam, dan itu normal-normal saja.

Bagaimana dengan Anda, berapa jam waktu tidur setiap hari?

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading