Tips Cegah Mengantuk di Siang Hari Pada Bulan Puasa

Jum'at, 20 Juli 2012 09:28



(c) shutterstock

Vemale.com - Vemale.com- Baru pukul 1 siang, tetapi mata sudah terasa berat dan mengantuk, tubuh sudah lemas, rasanya ingin segera berbaring di kasur lalu tidur. Kira-kira begitulah yang sering kita rasakan jika memasuki bulan Ramadhan. Di bulan yang penuh dengan ibadah ini, jatah tidur akan terpotong untuk makan sahur dan untuk melakukan berbagai ibadah yang biasa di lakukan malam hari, misalnya membaca Al Quran atau Shalat Tahajud.

Memperbanyak ibadah adalah hal yang baik, tetapi jangan sampai Anda menghabiskan siang hari dengan tidur. Coba tips ini agar tak ada lagi mengantuk di siang hari.

Jangan Begadang

Pintar-pintar melakukan ibadah tanpa melupakan kesibukan di siang hari. Anda tentu boleh membaca Al Quran menjelang jam tidur, tetapi coba ingat kembali jadwal Anda keesokan harinya, apakah ada jadwal di pagi hari? Apakah ada rutinitas kantor yang memerlukan stamina ekstra. Anda sendiri yang bisa menyeimbangkan antara ibadah dan istirahat untuk kesehatan, seimbangkan keduanya dan bijaksanalah. Ingat, ibadah memerlukan kesehatan yang prima.

Kamar Tidur Rapi

Selain merapikan ibadah, sikap dan tutur kata selama bulan puasa, ada baiknya Anda mulai membiasakan diri merapikan kamar, terutama tempat tidur. Bukankah lebih menyenangkan mendapati kamar yang rapi menjelang jam tidur? Anda bisa langsung tidur dengan nyaman. Letakkan pakaian di tempatnya, Al Quran dan buku di rak, serta singkirkan laptop juga handphone dari atas tempat tidur!

Sirkulasi Udara Lancar

Sirkulasi udara kamar yang lancar akan membuat tidur Anda nyenyak. Pastikan kamar Anda memiliki ventilasi ke arah luar. Jika kamar Anda memakai AC, selalu buka jendela atau pintu kamar pada pagi hari agar pergantian udara lebih baik dan sehat.

Alarm Tepat Waktu

Seringkali, kita memasang alarm beberapa waktu lebih lama sebelum bangun. Misalnya, Anda ingin bangun jam 3 subuh, tetapi memasang alarm sekitar jam 2 agar punya waktu untuk 'sadar'. Nyatanya, cara ini justru akan membuat Anda mematikan alarm lalu tidur kembali, atau sebaliknya, membuat waktu Anda terbuang satu jam hanya untuk 'sadar' dan tetap berada di atas tempat tidur. Selalu pasang alarm tepat di jam Anda ingin bangun dan disiplinkan diri Anda untuk segera bangkit dari ranjang, bukan mematikan alarm!

Gunakan Pakaian Yang Nyaman

Saat tidur, akan lebih baik jika Anda memakai pakaian yang nyaman, lembut dan berbahan dingin. Jangan sampai Anda tertidur dengan gamis yang Anda pakai untuk Shalat Tarawih, Anda bisa terbangun tengah malam karena pakaian tersebut cenderung tidak nyaman di pakai tidur. Sering terbangun tengah malam akan membuat tubuh lemas dan pusing di siang hari.

Hindari Minuman Yang Mengandung Kafein

Menikmati secangkir kopi hangat menjelang tidur atau saat sahur memang menyenangkan, apalagi jika udara sedang dingin. Hanya saja, batasi atau hindari konsumsi kafein selama bulan puasa. Selain bisa membuat Anda sulit tidur, konsumsi kafein akan menyebabkan Anda lebih cepat mengalami dehidrasi dan haus pada siang hari. Ganti minuman hangat Anda dengan susu atau teh chamomile.

Semoga tips ini membantu Anda tetap berstamina menjalankan aktivitas sekaligus beribadah di bulan Ramadhan. Jika Anda punya tips lain agar tidak mengantuk di siang hari, silakan bagi di kolom komentar :)

(vem/yel)







ARTIKEL TERKAIT - SEGAR DAN RILEKS
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Cancer

28 Juli - 3 Agustus
Jangan menutup diri dari masukan rekan kerja Tampung semua pendapat yang...