Sukses

Beauty

Happy Food Untuk Menurunkan Berat Badan

Vemale.com - Oleh: Tim Dunia Fitnes

Tubuh manusia menciptakan kimia otak anti depresan mereka sendiri dalam bentuk serotonin. Zat kimia ini akan muncul dalam jumlah yang lebih sedikit pada orang-orang yang stres, tertekan atau depresi, dan itulah mengapa obat anti depresan berinteraksi di jalur biokimia kita untuk meningkatkan tingkat serotonin, secara buatan.

Ketika orang merasa tertekan, mereka akan mencari kenyamanan, karena manusia secara alami akan menghindari rasa sakit (fisik atau emosional) dan mencari kesenangan. Orang-orang yang gagal dalam diet cenderung mencari kenyamanan dari makanan berbasis karbohidrat, terutama karbohidrat simple, karena jenis makanan ini memberikan asupan kadar gula tinggi secara instan, namun juga merangsang proses pengeluaran (sekresi) serotonin yang memberikan efek happy atau bahagia.

Jadi, jika Anda sedang menjalani diet penurunan berat badan, untuk menghindari sugar craving atau hasrat mengonsumsi karbohidrat/gula sebagai sumber serotonin, telah tersedia beberapa makanan alami yang memiliki efek sama dalam meningkatkan serotonin atau menangkal hasrat ingin mengonsumsi gula. Makanan-makanan yang disebut sebagai happy food karena efeknya yang mampu memberikan rasa bahagia, namun tentu saja baik untuk diet Anda, antara lain: Pisang, Alpukat, Anggur, Apel, Kacang Almond, Kacang Brazil, serta Telur.

Selain itu, dengan banyaknya tuntutan pekerjaan dan tanggung jawab yang dibebankan, kita cenderung mengalami yang bisa disebut ‘penyakit terburu-buru’. Bahkan kita akan makan dalam kondisi terburu-buru. Untuk itu, cobalah untuk memperlakukan diri sendiri lebih baik, karena segala permasalahan sehari-hari dapat menghalau diri dalam upaya mencapai berat badan ideal. Jadi, usahakan lebih tenang dan lakukan semuanya dengan perlahan. Dengan makan perlahan-lahan, pencernaan dan penyerapan nutrisi dari makanan pun akan lebih optimal.

Dan yang tak kalah penting, pastikan Anda memiliki waktu untuk diri Anda sendiri. Ini akan menangkis dorongan untuk menghibur diri dengan kebiasaan instan, seperti makan coklat, permen, es krim ataupun kue dengan lapisan krim tebal. Daripada mengonsumsi semua makanan yang justru akan menambah timbunan lemak dalam tubuh Anda ini, lebih baik Anda siasati stres yang Anda alami dengan meditasi atau melakukan hobi Anda. Dan pastikan bukan lagi coklat yang Anda raih untuk menenangkan diri, melainkan happy food seperti yang disebutkan di atas.

Jadi, mulailah merawat dan memanjakan diri Anda dengan cara yang tepat untuk meredakan stres dan tekanan yang Anda alami, sehingga diet Anda pun tetap akan berjalan dengan lancar dan optimal. Selamat mencoba! [initial]

Source: http://duniafitnes.com/

(df/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading