/body-and-mind/segar-dan-rileks/11968-tiga-makanan-untuk-mengatasi-kelelahan-dan-depresi.html

Tiga Makanan Untuk Mengatasi Kelelahan dan Depresi

Sabtu, 17 Maret 2012 07:00



(c) sprachcaffe-duesseldor Vemale.com - Saat tubuh lelah dan pikiran tak menentu, ada beberapa makanan yang dapat mengembalikan energi. Tak hanya itu, tiga makanan ini bisa membantu seseorang menurunkan risiko terserang depresi.

Kopi

Ingin mencegah rasa lelah? Secangkir kopi bisa menjadi jawabannya. Kafein bisa memicu produksi hormon dopamine, hormon yang dapat membuat seseorang merasa bahagia. Untuk mendapat efek segar dan bahagia dari kafein, secangkir kopi bisa memberi antioksidan lebih banyak dibandingkan segelas jus anggur atau seporsi bayam. Selain itu, kopi juga mengandung hytonutrients yang berfungsi sebagai antidepresan. Orang-orang yang menikmati beberapa cangkir kopi dalam sehari dapat menurunkan risiko depresi dan demensia.

Walnut

Walnut tak hanya menjadi camilan yang renyah dan lezat. Kacang ini bisa memberikan energi makro sekaligus nutrisi mikro yang dibutuhkan tubuh. Nutrisi yang bisa Anda dapatkan dari walnut antara lain magnesium, tembaga, besi, mangan, seng, kalsium, omega 3, vitamin E, asam folat, dan vitamin lainnya dalam kelompok B. Vitamin E dapat mengurangi inflamasi (radang) pada otak dan melindungi neuron. Orang-orang yang kekurangan vitamin E dalam darah lebih rentan mengalami depresi.

Kentang

Eits, jangan buru-buru mengambil kantong keripik kentang, karena tak semua olahan kentang baik untuk kesehatan Anda. Kentang terbaik yang baik untuk menjaga kesehatan dan memulihkan energi Anda adalah kentang dengan kulit berwarna merah atau keunguan. Kentang tersebut memiliki zat phytonutrient sebanyak brokoli dan mengandung berbagai vitamin. Zat lain yang ada dalam kentang yaitu asam folat, iodin dan kukoamine yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Menyantap kentang panggang atau kentang kukus bisa menjadi pilihan yang sehat. (vem/yel)





ARTIKEL TERKAIT - SEGAR DAN RILEKS
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Scorpio

24 November - 30 November
Banyak kerjaan dan tantangan baru yang akan kamu hadapi Ada banyak...