Sukses

Beauty

4 Cara Menikmati ‘Me Time’ Sederhana, Berkualitas, Tapi Bahagia

Kata siapa orang yang sendiri selalu kesepian? Bukan berarti menghabiskan waktu sendirian itu tidak punya teman. Manusia bukan hanya makhluk sosial yang butuh teman atau orang lain dalam hidup mereka, manusia juga merupakan makhluk yang butuh waktu untuk dirinya sendiri.

Jika kamu termasuk salah satu orang yang tidak terlalu suka keramaian, maka 'me time' pasti menjadi hal menyenangkan untuk dilakukan. Bahkan jika kamu orang yang biasa dengan lingkungan ramai dan dikelilingi banyak orang, pasti ada kalanya kamu mengalami jenuh dan ingin sendiri. Saat itu lah kamu butuh ‘me time'.

Terlalu lama sendiri memang memicu depresi, namun terlalu sibuk dan berinteraksi dengan banyak orang juga bisa memicu stress. Meluangkan waktu untuk sendiri mampu meringankan beban pikiran. Tidak perlu pergi ke tempat yang jauh, cukup di rumah. Jika bingung mau melakukan apa, 5 tips ini bisa kamu terapkan.

    Aktivitas santai dan sederhana

    Kamu bisa melakukan hal kecil sendiri, seperti baca buku, makan sendiri, jalan-jalan pagi, bersepeda santai sendiri, atau mungkin memberikan tantangan sehari-tanpa-gadget. Kamu juga bisa mencoba memperhatikan keadaan di sekitar, seperti misalnya menikmati sinar matahari pagi atau yang lainnya.

    Latih kepekaan

    Berikan perhatian pada apa yang terjadi di sekitarmu, seperti misalnya melihat apa-apa saja yang tengah terjadi saat kamu jalan pagi, duduk di bangku taman dan memperhatikan orang-orang di sana. Sambil makan es krim atau ngemil gorengan juga boleh, asal kamu nikmati apa yang ada di depan mata.

    Nikmati setiap tarikan nafas

    Merasa penat dan kesal? Kamu pasti ingin lari dari situasi kan? Jika seperti itu, pergilah ke tempat yang sepi dan bernafaslah yang panjang dan dalam. Melatih pernapasan bisa membuatmu rileks, melancarkan peredaran darah dan membantu melepas stres. Keluar dan hirup udara pagi yang segar, hembuskan perlahan. Cara ini sekaligus membuat tubuh memiliki energi positif dan lebih siap menerima tantangan.

    Latih sisi kreatifmu

    Jika kamu bingung mau melakukan apa saat sendiri, coba ingat-ingat kembali apa yang membuatmu merasa bahagia. Entah itu dengan menulis, berenang, bernyanyi, menggambar, melukis, berkebun, atau menari. Kamu juga bisa membuka kembali album foto lama dan mengingat masa lalu yang menyenangkan.

Kamu akan sadar bahwa hal-hal kecil pun bisa membuatmu merasa bahagia dan santai. Jadi, jangan hanya berkutat dengan pekerjaan dan teman-teman yang bikin capek hati saja ya Ladies, luangkan juga waktu untuk diri sendiri.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading