Sukses

Beauty

Sudah Mencoba Rileks Tapi Kok Masih Stres? Mungkin Ini Alasannya

Saat stres, saran pertama yang kita dapatkan adalah meluangkan waktu untuk rileks atau setidaknya bersantai sejenak. Apalagi kalau sudah seharian bekerja dan sibuk sana sini, sampai di rumah kita ingin bisa melepas penat dengan bersantai. Tapi sudah mencoba santai dan rileks, stresnya nggak hilang juga, ya?

Ternyata oh ternyata kegiatan relaksasi atau suatu teknik relaksasi tertentu bisa tak memiliki pengaruh apa-apa kalau kamu masih melakukan sesuatu yang salah. Ada kebiasaan tertentu yang ternyata bisa jadi penghalang kamu tak bisa mendapat manfaat dari kegiatan relaksasi yang kamu lakukan. Seperti kebiasaan-kebiasaan ini yang bisa mendasari alasanmu susah melepas stres meski sudah mencoba rileks.

    Membaca Buku Melalui Tablet atau Gadget

    Benar adanya kalau membaca sering dijadikan sebagai salah satu kegiatan relaksasi diri. Menikmati waktu sendirian membaca buku bisa menenangkan pikiran asalkan tidak dibaca di tablet atau layar iPad. Seperti yang dilansir oleh huffingtonpost.com, ada penelitian menunjukkan bahwa cahaya biru yang dikeluarkan dari monitor gadget bisa membuat kita kesulitan untuk tidur. Jadi bukannya bisa lebih tenang, membaca buku di tablet bisa membuat kualitas tidurmu berkurang. Kalau ingin bisa lebih santai dan rileks, pilih buku cetak untuk dibaca, bukan yang dari layar gadget atau tablet.

    Masih Saja Sibuk dengan Smartphone dan Semua Media Sosial

    Bagaimana kita bisa tenang jika kita masih terikat pada ponsel dan internet? Kalau kamu ingin meredakan stres dan menenangkan pikiran, matikan ponselmu, ya. Jauhkan dirimu dari ponsel untuk sementara waktu. Dengan begitu, kamu akan lebih tenang dan stres pun bisa mereda.

    Menekan Diri untuk Tenang

    Bisa dibilang stres dan kecemasan itu dapat membentuk sebuah lingkaran setan. Semakin kuat kamu memikirkan sesuatu, semakin kuat pula perasaanmu terhadap sesuatu tersebut. Ini juga berlaku pada kegiatan relaksasi. Semakin besar tekanan yang kamu berikan pada dirimu sendiri untuk tenang, maka semakin tertekan dan stres saja kamu dibuatnya. Kamu tak bisa ikhlas dan lepas saat stres tapi malah menuntut diri ‘aku-harus-tenang-secepatnya-sekarang juga’. Hal itu akan membuatmu susah menghilangkan stres yang kamu rasa.

    Berada di Tengah Kondisi yang Bising dan Berisik

    Apakah kamu berada di lingkungan atau kondisi yang bising dan berisik? Kapan terakhir kalinya kamu bisa duduk diam dalam keheningan? Faktanya adalah ketika kita berada dalam suasana yang hening, benar-benar hening, kita bisa mendapatkan banyak sekali manfaat mental dari kegiatan relaksasi. Bahkan keheningan atau kesunyian juga bisa meningkatkan kemampuan fokus serta meningkatkan daya kreativitasmu. So, tenangkan pikiranmu, untuk sejenak jangan biarkan suara-suara masuk ke telingamu. Pada akhirnya kita akan menyadari bahwa salah satu teknik untuk meredakan stres adalah dengan menghilangkan kebisingan dalam pikiran.

Kalau ingin stres cepat hilang dan lenyap, pastikan dulu kamu tak berada pada empat kondisi di atas. Dengan begitu, saat akhirnya kamu berusaha untuk rileks, kamu bisa melepas semua tekanan dan stres yang kamu rasa.

Semoga infonya bermanfaat, ya Ladies!






(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading