Sukses

Beauty

Wow, Baca Komik Bikin Kamu Tambah Cerdas!

Pernah nggak waktu kecil dulu, kamu dilarang baca komik sama orang tuamu? Katanya sih baca komik nggak ada manfaatnya dan malah bikin bodoh. Mending baca buku pelajaran saja yang jelas manfaatnya. Akhirnya, dengan berat hati kamu berhenti baca komik demi menuruti nasihat orang tuamu.

Tapi ternyata, baca komik itu banyak manfaatnya, lho. Bahkan bisa bikin kamu cerdas. Nggak percaya? Yuk, kita kulik infonya berikut ini.

Baik untuk Fungsi Otak
Pada dasarnya saat kita membaca cerita, fungsi otak akan berubah. Seperti yang dikutip oleh lifehack.org, ketika seseorang membaca sebuah cerita menarik di buku komik, aktivitas neuron akan berubah saat sedang membaca juga beberapa hari saat selesai membaca. Apalagi dengan gambar dan ilustrasi yang menarik, kegiatan membaca tak lagi terasa membosankan.

Banyak orang yang gampang bosan atau tak suka membaca. Dan dari membaca komik, maka seseorang bisa tergugah dan terpancing untuk membaca lebih banyak. Bahkan bisa makin menyukai kegiatan membaca. Membaca komik akan membuat seseorang memproses informasi dengan cara yang berbeda.


Cara Berpikir Bisa Lebih Kreatif
Saat membaca komik, kita akan melihat kombinasi dan integrasi berbagai elemen. Mulai dari teks, narasi, dan ilustrasi. Semua itu akan membuat kita belajar untuk berpikir dengan cara berbeda. Nantinya pun kita bisa jadi berpikir dengan lebih kreatif lagi. Membaca komik bisa menghadirkan perasaan senang. Sehingga kemampuan atau kegiatan berpikir bisa terasa lebih baik lagi.

Meningkatkan Kemampuan Verbal
Hobi membaca, termasuk membaca komik bisa meningkatkan kemampuan atau kecerdasan verbal. Kosakata dan percakapan yang disajikan di komik akan memperkaya kemampuan berbahasa kita. Kemampuan kita untuk menarasikan atau menjabarkan sebuah cerita pun bisa jadi lebih baik.

Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Masalah
Cerita dalam buku komik memiliki banyak tema dan topik. Salah satunya tema pahlawan super (superhero). Dalam sebuah cerita pastinya akan ada konflik yang muncul. Dengan munculnya konflik, maka akan ada yang namanya proses menyelesaikan masalah. Dengan mengikuti alur atau plot cerita, disadari atau tidak kemampuan kita dalam menganalisis masalah akan meningkat. Jika diterapkan di dunia nyata, maka kita akan lebih mudah berpikir jernih mengurai sebuah masalah lalu menemukan jalan keluarnya.

Membaca komik memang menyenangkan. Bahkan ternyata memang memberi banyak manfaat positif. Hanya saja pastinya jangan sampai kita lupa waktu, ya Ladies.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading