Sukses

Beauty

Menggunakan Sunless Tanning Agar Kulit Terlihat Coklat, Amankah?

Ladies, selama ini stereotipe yang beredar di masyarakat Indonesia adalah "perempuan cantik adalah perempuan yang berkulit putih". Sangat mudah kita temui produk-produk kecantikan yang beredar di pasar Indonesia, yang mengunggulkan kemampuannya untuk mencerahkan dan memutihkan kulit. Bahkan, gambaran di media pun tentang sosok yang cantik, tak jauh-jauh dari putihnya kulit.

Tetapi, seolah bergeser dari stereotipe yang selama ini meracuni rakyat Indonesia saya beberapa kali menemukan produk-produk kecantikan di pasar Indonesia, yang justru menawarkan kemampuannya untuk membuat kulit menjadi berwarna coklat alias tan.

Nyatanya, produk ini juga banyak diminati oleh perempuan-perempuan Indonesia akhir-akhir ini. Terbukti dengan beberapa brand yang menjual produk sunless tanning yang laris manis di pasaran. Sunless tanning adalah produk kosmetik yang memberikan efek kulit cokelat sehat, mirip hasil kulit yang berjemur di bawah sinar matahari. Bedanya, sunless tanning yang umumnya dikemas dalam bentuk lotion atau spray ini, memberikan hasil instan tanpa perlu repot-repot berjemur di bawah sinar matahari.

Lalu, apakah produk sunless tanning ini aman digunakan? Jangan-jangan punya efek yang berbahaya layaknya produk-produk pemutih kulit yang sempat bikin heboh itu?

Menurut catatan The Food and Drug Administration (FDA), yang dimuat di mayoclinic.org, sunless tanning mengandung dihydroxyacetone. Bahan ini hanya boleh diaplikasikan di kulit, tidak seharusnya dihirup atau terkena area mulut, hidung dan mata. Pada produk yang bentuknya lotion, memang akan lebih mudah menghindari area-area yang disebutkan di atas. Tetapi, jika kamu menggunakan produk berbentuk spray, sebaiknya pakailah kacamata atau nose plug saat menyemprotkan produk ke tubuhmu ya.

Lalu, bagaimana sih cara terbaik mengaplikasikan sunless tanning lotion atau spray?

  • Lakukan scrubbing terlebih dahulu. Gosokkan washcloth ke seluruh badan agar sel kulit mati luruh, terutama pada bagian kulit-kulit yang tebal, misalnya lutut dan siku.
  • Aplikasikan bertahap. Gosokkan produk pada kulit dengan gerakan melingkar. Aplikasikan secara bertahap karena umumnya produk sunless tanning ini sangat mudah kering. Jika kamu langsung menuangkannya dalam jumlah banyak, produk akan sulit diratakan sehingga hasilnya akan belang-belang.
  • Pada area lutut dan siku, jangan mengaplikasikan produk terlalu banyak ya karena bagian-bagian ini sangat mudah menyerap produk. Jika kamu terlalu banyak memakainya, maka kulit di sekitar ini akan lebih gelap daripada lainnya.
  • Tunggu sekitar 10 menit sebelum berpakaian. Gunakan pakaian yang longgar dan jangan melakukan aktivitas yang menimbulkan keringat berlebih.

Produk sunless tanning memang masih baru di Indonesia. Belum begitu banyak orang yang menggunakannya. Tetapi, jika kamu adalah seorang beauty enthusiast, nggak ada salahnya kamu mencoba produk unik ini.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading