Sukses

Beauty

4 Alasan Kenapa Wajah Jerawatan Padahal Udara Dingin

Berbicara mengenai jerawat, semua orang pasti sangat benci, sebal juga malu karena jerawat. Dan saya pun sering kali merasakannya Ladies. Apalagi, jika jerawat tersebut menyebabkan ruam dan membekas di kulit. Pada dasarnya, jerawat bisa muncul kapan saja dan dimana saja. Termasuk saat udara sangat panas dan kulit menjadi semakin berminyak. Tapi, tidak jarang jerawat juga muncul saat udara dingin dan lembab yang tidak menyebabkan kulit berminyak.

Mmm, untuk jerawat yang muncul saat udara dingin, kira-kira apa sih penyebabnya. Dikutip dari berbagai sumber, jerawat yang muncul padahal udara dingin bisa disebabkan oleh berbagai hal. Dan beberapa hal tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

(vem/mim)

Make Up yang Salah

Penyebab sekaligus alasan pertama wajah berjerawat saat udara dingin adalah penggunaan make up yang salah. Make up yang salah ini bisa berupa make up yang mengandung beberapa zat kimia yang menyebabkan alergi pada kulit wajah atau karena zat kimia tersebut tidak cocok dengan jenis kulit wajah.

Karena ketidakcocokan kandungan pada make up dengan kulit wajah, tidak jarang hal ini menyebabkan munculnya jerawat. Agar wajah tak lagi berjerawat, pastikan untuk memakai make up yang cocok dengan jenis kulit. Jika saat menggunakan make up tertentu dan kulit semakin berjerawat, usahakan untuk menghentikan penggunaan make up tersebut.

Penggunaan Pelembab yang Berlebihan

Penyebab dan alasan berikutnya yang membuat wajah berjerawat adalah penggunaan pelembab yang berlebihan. Memang, penggunaan pelembab wajah sangat disarankan agar tercipta wajah yang lembab, mengesankan dan sehat selalu. Tapi, jika penggunaan pelembab justru berlebihan, hal ini akan menyebabkan wajah mudah sekali mengalami jerawat, komedo atau bahkan iritasi.

Saat menggunakan pelembab, usahakan mengambil sedikit saja tak lebih dari seukuran biji jagung lalu oleskan merata ke kulit wajah. Disarankan juga, agar kamu memakai pelembab yang memang cocok dengan jenis kulit wajah. Akan lebih baik lagi, jika kamu memakai pelembab alami yang tidak mengandung bahan kimia seperti halnya pelembab berupa minyak zaitun atau minyak kelapa.

Jarang Membersihkan Wajah

Jarang atau tidak membersihkan wajah adalah alasan paling sering kenapa kulit wajah seseorang rentan mengalami jerawat. Sesibuk dan selelah apapun kamu, usahakan untuk selalu membersihkan wajah setelah penggunaan make up. Usahakan pula, agar kamu membersihkan wajah dengan pembersih wajah yang memang mengandung nutrisi dan bahan-bahan yang cocok dengan jenis kulit kamu.

Tak hanya selepas memakai make up, membersihkan wajah wajib kamu lakukan selepas dari melakukan aktivitas apapun. Membersihkan wajah memang kita anggap sebagai hal yang cukup sepele. Tapi, jika kita sering kali mengabaikannya, jangan heran jika jerawat di wajah semakin banyak dan semakin parah setiap harinya.

Tidak Menggunakan Tabir Surya

Alasan selanjutnya yang sering kali membuat kulit wajah berjerawat adalah karena kamu tak memakai tabir surya. Meski udara dingin, ini tak berarti bahwa kamu tak perlu memakai tabir surya lho ya. Saat udara dingin, kamu tetap harus memakai tabir surya untuk menghindari bahaya sinar UV A dan sinar UV B.

Radiasi sinar UV A dan UV B adalah satu hal yang sering kali menjadi penyebab utama kulit berjerawat. Selain menyebabkan jerawat, radiasi ini juga akan membuat kulit menjadi tampak kusam, keriput dan tidak sehat. Well, pastikan agar selalu memakai tabir surya demi melindungi kulit dari radiasi sinar UV A dan UV B.

Oh iya, selain alasan di atas, alasan lain yang juga sering kali menyebabkan jerawat antara lain adalah karena pola makan yang tidak sehat, stres berat, kurangnya aktivitas merawat kulit, konsumsi makanan yang bisa meningkatkan risiko jerawat atau karena memang ada hormon tertentu dalam tubuh yang menyebabkan parahnya jerawat.

Maka dari itu, untuk mengatasi masalah jerawat ini, pastikan untuk mengaplikasikan pola hidup sehat, olahraga cukup setiap hari, minum air putih cukup, rawat kulit dengan baik, jangan lupa membersihkan kulit wajah dan perbanyak konsumsi sayur juga buah. Semoga, informasi ini bermanfaat dan masalah jerawat yang dihadapi bisa terasi dengan baik.

[pos_1]

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading