Sukses

Beauty

Tips Jitu Cegah Uban Tumbuh di Usia Muda

Uban sebenarnya memang akan dialami oleh setiap manusia seiring dengan bertambahnya usia. Namun pada beberapa orang, terkadang uban muncul lebih awal. Uban yang muncul memang kadang membuat orang yang mengalaminya merasa tidak nyaman, karena tampak lebih tua.

Kemunculan rambut berwarna abu-abu muda ini ternyata tak hanya dipengaruhi oleh usia. Meskipun usia tua menjadi salah satu faktornya, kemunculan uban juga dipengaruhi oleh kekurangan beberapa zat gizi. Rambut mulai kehilangan warnanya dan menjadi abu-abu ketika produksi hormon yang mengatur warna rambut menurun atau berhenti. Ini bisa jadi karena tubuh kekurangan vitamin B12 , B9, E, C, dan juga kekurangan zat besi, asam lemak, dan lain-lain.

Jangan khawatir Ladies, karena sebenarnya ini bisa kamu cegah. Dilansir oleh boldsky.com ada beberapa trik jitu yang bisa kamu coba untuk mencegah munculnya uban di usia muda. Check these out.

  • Jaga pola makan agar tubuh mendapatkan berbagai nutrisi yang diperlukan. Nutrisi yang lengkap dan teratur diterima tubuh dapat membantu mencegah timbulnya uban. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan mineral serta zat besi Ladies.
  • Perbanyak latihan fisik dan olahraga sehari-hari untuk memperlancar aliran darah. Ini akan membuat aliran darah ke kepala makin lancar sehingga dapat mencegah timbulnya uban dini serta memperbaiki pertumbuhan rambut.
  • Sebisa mungkin kurangi stres danĀ  tekanan Ladies. Perbanyak refreshing agar tubuh dan pikiran lebih rileks.
  • Kurangi konsumsi junk food dan kopi yang terlalu banyak. Ini bisa menyebabkan penuaan dini jika dikonsumsi terlalu banyak.
  • Gunakan sampo ringan dan kondisioner untuk membersihkan rambutmu. Sebelum membeli sampo dan kondisioner baca label dengan hati-hati. Ada beberapa bahan kimia yang sangat buruk bagi rambut dan berpotensi menyebabkan rambut beruban lebih cepat.
  • Rangsang kulit kepala dengan menyisir rambut dua kali sehari dengan sisir yang lembut. Sisir maju mundur untuk memelihara folikel. Ini akan memperlancar sirkulasi darah dan aliran nutrisi ke folikel rambut dan mencegah rambut beruban lebih cepat.


Itu tadi adalah beberapa tips praktis yang wajib kamu coba untuk mencegah rambut indahmu beruban lebih cepat Ladies. Semoga bermanfaat ya.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading