Sukses

Beauty

Facial Saat Wajah Dipenuhi Jerawat, Amankah?

Jerawat memang menggemaskan. Anda mungkin ingin segera menyingkirkannya dengan melakukan facial. Sebenarnya melakukan facial saat wajah dipenuhi jerawat bukan ide yang baik. Tapi bila Anda ingin melakukannya, sebaiknya Anda memilih jenis facial extraction. Selain jenis tersebut, sebaiknya Anda baru boleh melakukan facial saat jerawat dari wajah Anda sudah berkurang. Melakukan facial tipe extraction saat wajah sedang dipenuhi jerawat tidak serta merta membuat jerawat langsung hilang. Jerawat yang muncul merupakan akumulasi dari berbagai macam hal yang sudah lama menumpuk di wajah, sehingga jerawat Anda juga tidak akan dengan segera hilang dalam waktu singkat

Pada dasarnya, terdapat dua jenis facial, yaitu tipe facial ala spa yang memanjakan, dan facial yang lebih invasif dengan tujuan mengatasi jerawat, seperti pada jenis facial extraction, chemical peels, laser dan microdermabrasion.

Jenis facial yang memanjakan kulit meliputi pijat pada wajah, perawatan minyak esensial yang ditemani dengan musik terapi. Jika Anda menjalani facial tipe ini ketika wajah Anda sedang berjerawat, Anda tidak sedang membahayakan wajah, namun Anda juga tidak sedang melakukan tindakan penanggulangan pada wajah. Dalam menjalani facial tipe ini, Anda perlu mewaspadai jenis minyak esensial yang digunakan karena terdapat kandungan ekstrak tumbuhan yang digunakan pada kulit yang dapat menimbulkan reaksi iritasi, terutama pada kulit yang sensitif dan rentan berjerawat.

Kebanyakan jenis perawatan facial lainnya yang tidak bersifat memanjakan tapi juga menanggulangi masalah pada kulit akan menggunakan juga prosedur exfoliasi untuk membantu mengikis permukaan kulit mati dan membersihkan pori-pori pada wajah. Ketika Anda memiliki jerawat aktif, prosedur demikian tetap berpotensi mengiritasi wajah Anda yang berjerawat karena sifat perawatan yang tergolong agresif. Jika terapis facial mengatakan bahwa bahwa wajah Anda akan meradang dan jerawat akan keluar semua sebelum bersih sepenuhnya, hal ini hamper selalu tidak pernah terbukti. Bersih tidaknya jerawat setelah perawatan akan bergantung sepenuhnya pada jenis kulit masing-masing.

Perawatan facial baru akan bermanfaat jika kulit Anda sudah bebas dari jerawat aktif karena perawatan facial tidak berguna untuk mencegah atau mengatasi jerawat, namun baik untuk merawat bercak merah, luka dan untuk meratakan warna kulit pada wajah.

Lakukan facial setidaknya dua hingga tiga minggu lebih awal sebelum Anda akan tampil dalam suatu acara atau pada hari penting. Jangan lakukan facial beberapa hari sebelum atau pada hari H mengingat kondisi wajah yang pasti memerah setelah facial.

Sumber: meetdoctor

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading