Sukses

Beauty

Tips Mencegah Bekas Bintik-Bintik Hitam Di Kulit Akibat Bercukur

Wanita dengan kulit putih atau cerah pasti pernah mengalami masalah yang satu ini jika suka bercukur bulu kaki atau ketiak. Saat bercukur, kulit memang tampak halus dan bersih, namun esok harinya atau dua hari berikutnya justru tampak bintik-bintik hitam di kulit setelah bercukur.

Bukan hanya tampak jelek, bintik-bintik hitam ini seringkali tak bisa hilang dalam hitungan hari. Seperti dikatakan Dr. David E. Bank dari The Center for Dermatology, Cosmetic & Laser Surgery, "Bintik-bintik hitam di kulit itu bisa jadi adalah bagian dari batang rambut yang tertinggal di folikel."

Hal ini juga sering disebut oleh orang Barat dengan sebutan “strawberry legs" karena bintik-bintik tersebut mengingatkan akan kulit strawberry. Hal ini memang akan sangat terlihat pada wanita dengan kulit lebih putih atau terang.

copyright by shefinds.com
Kulit sensitif memang cenderung mudah iritasi dengan tindakan cukur. Kulit akan mengalami luka, inflamasi (pembengkakan) berkali-kali selama dan setelah proses mencukur, sehingga menyebabkan bagian kecil folikel kulit kulit terkelupas dan timbulnya bekas luka. Inilah yang menyebabkan munculnya bintik hitam tersebut.

Cara mengatasi luka dan pembengkakan ini sebenarnya mudah:

  1. Pertama adalah menggosok kulit dari sel-sel kulit mati dengan lotion atau scrub.
  2. Lalu rendam kaki di dalam air hangat selama kurang lebih 5 menit untuk membuka pori-pori kulit sehingga rambut mudah dicukur.
  3. Gunakan mata pisau baru yang tajam dan bersih. 
  4. Jangan mengulang mencukur berkali-kali pada area yang sama, karena bisa memperbesar potensi luka di kulit.
  5. Setelah bercukur, oles krim pelembab atau lotion di kulit.

Pijat kaki agar lotion meresap di kulit. Ulangi lagi setelah kering. Jika tak ingin ada risiko bintik-bintik hitam ini, cara terbaik memang menggunakan cara waxing dan laser yang lebih efektif mencabut bulu kaki. Tapi jika kamu lebih memilih mencukur, kamu hanya butuh triknya saja agar bintik-bintik hitam tak lagi muncul setelah bercukur.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading