Sukses

Beauty

Yogurt, Solusi Ampuh Atasi Masalah Ketombe Dalam Hitungan Hari

Ketombe merupakan salah satu masalah rambut yang sangat sering terjadi pada sebagian besar orang. Tak hanya menyebabkan kulit kepala gatal, ketombe juga membuat kulit kepala mengalami luka, rambut mudah rontok atau pun rambut lepek dan kusam. Sebenarnya, untuk mengatasi masalah ketombe bukan suatu hal yang susah.

Dikutip dari laman asiantown.net, para ahli kesehatan dan kecantikan kulit mengungkapkan bahwa ketombe bisa diatasi dalam hitungan hari menggunakan yogurt. Para ahli mengungkapkan bahwa nutrisi serta zat asam yang terdapat di dalam yogurt bisa membunuh bakteri penyebab ketombe dengan baik. Tak hanya itu saja, nutrisi pada yogurt ini juga dipercaya bisa membuat akar rambut makin sehat serta kuat. Nutrisi pada yogurt juga dikatakan bisa membuat rambut makin berkilau serta lembut.

Yogurt bisa mengatasi masalah ketombe dalam hitungan hari | Photo: Copyright Thinkstockphotos.com

Penelitian terbaru yang dilakukan oleh para peneliti di China menyebutkan jika bakteri di kulit kepala yang sering kali menjadi penyebab ketombe bisa teratasi dengan baik dan mengesankan saat kita mau mengaplikasikan masker yogurt. Para peneliti di Universitas Jiao Tong Shanghai telah mengambil sampel dari 59 orang usia antara 18 hingga 60. Dari sampel yang ada, peneliti menemukan bahwa mereka yang rajin memakai masker rambut alami berbahan dasar yogurt atau sampo juga kondisioner berbahan dasar yogurt memiliki risiko masalah ketombe yang rendah jika dibanding dengan mereka yang tidak memakainya.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Scientific Reports mengungkapkan jika mereka yang rentan mengalami ketombe adalah mereka yang memiliki kulit rambut kering atau pun berminyak. Dan agar rambut tetap lembab serta tidak berminyak, yogurt adalah salah satu solusinya.

Untuk membuat masker dari yogurt ini sebenarnya sangat mudah lho Ladies. Ambil 2 sdm yogurt dan 1 sdm air jeruk lemon atau madu. Campur kedua bahan hingga rata dan membentuk pasta. Jika sudah, aplikasikan masker ke kulit kepala dan rambut dengan pelan dan hati-hati. Pijat lembut kulit kepala menggunakan jari tangan selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, bungkus rambut dengan handuk dan diamkan kira-kira selama 15 menit. Bilas rambut dengan air bersih lalu keringkan seperti biasa. Untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini setidaknya seminggu dua kali.

Solusi mengatasi masalah ketombe yang sangat mudah bukan? Agar terhindar dari masalah ketombe, memakai masker yogurt saja tidak cukup. Kita tetap harus menjaga kebersihan rambut, menjaga pola makan dan kebersihan berbagai hal yang berhubungan dengan rambut mulai dari kebersihan sisir, kebersihan jilbab atau kebersihan topi. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading