Sukses

Beauty

5 Tips Rambut Anti Kusut yang Perlu Anda Tahu

Rambut kusut tak melulu mendera para pemilik rambut keriting. Anda yang berambut lurus pasti juga sering mengalami yang namanya rambut kusut setiap hari. Ketika menyisir, rambut tertarik sehingga kadang menyebabkan ada beberapa helai yang rontok. Sahabat saya, yang berambut ikal pendek, bahkan sampai menggunting ujung rambutnya yang kusut karena gregetan ketika rambutnya tersangkut di sisir dan tak bisa terurai. Namun, tak perlu seekstrem itu kok. Jika tidak ingin selalu gregetan sepertinya, Anda bisa melakukan beberapa tips rambut anti-kusut berikut ini.

1. Berikan Asupan Nutrisi

Rambut yang mudah kusut sebenarnya adalah hasil dari kondisi rambut yang sangat kering. Rambut yang kering membutuhkan asupan nutrisi dari luar dan dalam. Untuk nutrisi dari dalam, coba perhatikan, sudahkah Anda mengonsumsi makanan yang mengandung cukup protein dan vitamin?

Baca juga: Penyebab Rambut Kering di Sekitar Anda

Komponen utama pembentuk batang rambut adalah keratin. Batang rambut yang memiliki cukup keratin akan tebal, kuat, dan elastis. Nah, keratin ini adalah salah satu bentuk protein. Keratin bisa didapat dari daging ikan, ayam, telur, dan kacang-kacangan. Untuk mendorong pertumbuhan rambut dan menjaga kelembapannya, konsumsi juga vitamin A, B, C, dan E, yang bisa diperoleh dari buah-buahan, sayur-sayuran, atau susu. Selain dari makanan, Anda juga bisa memperoleh protein dan vitamin ini dengan mengonsumsi suplemen kesehatan.

Bagaimana dengan asupan nutrisi dari luar? Anda bisa menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun untuk memberikan kelembapan dan mencegah kekusutan. Kedua minyak alami ini kaya akan protein dan vitamin E. Tuangkan 2-3 tetes pada telapak tangan, lalu baurkan hanya pada ujung rambut.

2. Gunakan Shampoo dan Kondisioner yang Sesuai

Karena rambut Anda kering, coba cari sampo dan kondisioner yang punya efek melembapkan atau kaya akan protein. Namun, ada kalanya, Anda memiliki masalah ganda: kulit kepala berminyak namun batang rambut kering. Jika kondisinya seperti ini, sebaiknya Anda memilih sampo untuk kulit kepala berminyak, dan kondisioner untuk batang rambut kering. Agar lebih optimal, Anda juga bisa menggunakan leave-in conditioner setiap hari dan masker tiap seminggu sekali.

3. Perhatikan Pemakaian Sisir

Ini nih, hal yang sering diabaikan. Sisir memiliki beberapa jenis dan kegunaan. Memilih dan memakai sisir yang kurang tepat bisa berakibat buruk pada rambut. Bukannya halus, rambut justru bisa semakin kasar dan kusut. Anda sebaiknya memilih sisir yang memang dikhususkan untuk rambut mudah kusut. Cek materialnya terlebih dahulu. Pastikan sikatnya anti-statis dan terbuat dari bahan alami yang mengurai kekusutan rambut.

copyright: sociolla.com

ACCA KAPPA Thermo Natura Brush for curly and frizzy hair (Rp. 540.000)

ACCA KAPPA Control Plus for dehydrated hair (Rp. 270.000)

Begitu juga saat Anda merapikan atau menata rambut dengan hair dryer. Cara Anda menyisir juga menentukan kesehatan batang rambut. Jika biasanya Anda menyisir rambut dengan gerakan dari atas ke bawah, kali ini coba menyisir dengan gerakan berikut: dari depan ke belakang sehingga rambut terangkat, lalu baru disisir ke bawah. Hal ini dapat mengurai kekusutan yang mungkin terjadi di dalam dan mendistribusikan minyak alami rambut hingga ke ujung rambut. Kalau ada bagian rambut yang sudah kusut, mulai sisir dari bagian bawah terlebih dahulu, baru setelahnya secara bertahap ke atas. Pegang bagian rambut yang kusut untuk menghindari rasa sakit pada kulit kepala.

4. Hindari Menggosok Rambut Dengan Handuk

Mengeringkan rambut juga menjadi salah satu tahapan tricky yang bisa merusak rambut dan membuatnya makin kusut. Mengeringkan rambut setelah keramas sebaiknya dilakukan dengan cara menekan-nekannya hingga setengah kering. Setelah itu, baru Anda bisa menggunakan hair dryer dengan difusser untuk mengeringkan rambut.

Baca juga: 5 Hal yang Tak Boleh Dilakukan Setelah Keramas

5. Pilih Sarung Bantal Berbahan Halus

Sarung bantal berbahan katun adalah jenis yang paling sering dijumpai. Namun, jika Anda ingin mengurangi kekusutan rambut, ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk mengganti sarung bantal katun Anda dengan bahan satin atau sutra yang lebih halus. Tahukah Anda, kain katun yang memiliki kemampuan bagus untuk menyerap air juga akan menyerap kelembapan pada rambut. Gesekan dari kain katun juga bisa menyebabkan batang rambut menjadi kasar dan berisiko patah. Hasilnya, Anda akan bangun pagi dengan rambut yang lebih kusut.

Article powered by: Beauty Journal Sociolla

(vem/sociolla/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading