Sukses

Beauty

Jangan Diabaikan, Ini 5 Tanda Kosmetikmu Sudah Kadaluwarsa

Pernah nggak kamu lupa dengan tanggal kadaluwarsa dari produk kosmetik yang kamu beli? Atau mungkin tulisan tanggal dan stiker tanggal kadaluwarsanya mengelupas sehingga kamu tak tahu dengan pasti kapan kosmetikmu itu sudah seharusnya dibuang. Kadang kondisi ini jadi dilema tersendiri, ya Ladies.

Penting sekali untuk memastikan produk kosmetik yang kita pakai tak kadaluwarsa. Kenapa? Karena memakai kosmetik kadaluwarsa bisa berdampak negatif pada kulit, seperti menimbulkan iritasi kulit, kulit melepuh, menimbulkan jerawat yang parah, membuat kulit meradang, dan masalah kulit lainnya.


Info Penting yang Perlu Kamu Tahu
Umumnya barang-barang kosmetik seperti body lotion atau parfum bisa digunakan lebih dari tiga tahun. Sedangkan kosmetik wajah, usianya lebih pendek. Jadi tentukan terlebih dahulu, apakah ia adalah kosmetik untuk tubuh atau untuk wajah.

Sementara itu produk-produk untuk perawatan rambut biasanya memiliki usia kadaluwarsa setelah 2 tahun produksi. Tabir surya, krim perawatan wajah, lipstik, bahan-bahan perawatan organik, hanya boleh dipakai selama 6 bulan saja. Melewati waktu tersebut, sebaiknya produknya tak digunakan lagi.


Ada lima tanda umum yang menunjukkan kosmetikmu sebenarnya sudah kadaluwarsa, antara lain:
  1. Adanya perubahan warna. Warnanya berubah dari warna aslinya, misalnya jadi keabuan atau warnanya sudah luntur.
  2. Teksturnya berubah. Atau untuk produk cair, kandungan di dalamnya jadi terpisah, misal seperti ada minyak atau air di atasnya.
  3. Hilangnya aroma wangi produk kosmetik tersebut.
  4. Muncul jamur di sekitar tutup produk.
  5. Produk yang tadinya padat, kini berubah jadi sangat cair sekali. Penyebab hal ini bisa jadi terpapar sinar matahari atau kepanasan, tapi juga bisa karena sudah kadaluwarsa.

Ada baiknya memang kita selalu mencatat tanggal kadaluwarsa dari setiap produk kosmetik yang kita beli. Kita nggak mau dong mengalami masalah atau gangguan kulit karena produk kosmetik yang kita pakai ternyata sudah kadaluwarsa.

Semoga info di atas bermanfaat, Ladies!

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading