Sukses

Beauty

Cara Menghilangkan Ketombe dengan Masker Buah Pepaya

Mengatasi rambut berketombe tidak hanya dapat dilakukan dengan mengaplikasikan produk khusus saja. Bisa juga disiasati dengan menggunakan bahan alami seperti buah-buahan. Salah satunya adalah buah pepaya yang kaya akan vitamin A. Vitamin A sendiri merupakan zat yang dibutuhkan dalam menjaga kesehatan dan pertumbuhan sel kulit kepala serta rambut. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengatasi rambut berketombe dengan deretan masker rambut berikut.

1. Masker Pepaya dan Yoghurt

Buah yang juga memiliki enzim papain ini ternyata memiliki vitamin A. Vitamin tersebut kerap dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan sel tubuh. Terutama sel kulit kepala dalam mencegah ketombe. Bagi yang memiliki kulit jenis kering, campurkan daging buah pepaya dengan yoghurt yang akan melembapkan selĀ  kulit kepala.

2. Masker Pepaya dan Pisang

Dengan kandungan zinc yang ampuh dari buah pepaya, masker rambut alami yang dikombinasikan dengan buah pisang akan menutrisi kulit kepala secara optimal. Apalagi dengan kandungan zinc yang ampuh dalam mencegah rambut rontok. Kombinasikan masker pepaya dan pisang untuk mengatasi dua masalah rambut sekaligus, rambut berketombe dan rambut rontok.

3. Masker Pepaya dan Tea Tree Oil

Sering beraktivitas di luar ruangan dan terpapar polusi? Kondisi tersebut tentu menjadikan kulit kepala dan rambut akan kehilangan kesehatannya. Maka dari itu, siasati dengan terus menutrisi dan melindungi kulit kepala dengan bahan tepat. Misalnya masker pepaya yang dicampur dengan tea tree oil. Kombinasi keduanya tidak hanya ampuh dalam mengatasi ketombe, tetapi juga dapat mencegah jamur penyebab ketombe berkembang biak.

4. Masker Pepaya dan Minyak Kelapa

Berbeda lagi bagi yang ingin lebih mengoptimalkan nutrisi pada kulit kepala sekaligus mencegah ketombe. Balurkan saja masker dari buah pepaya matang yang sudah dicampur dengan minyak kelapa. Moisturizer serta beragam nutrisi pada minyak kelapa akan mencegah kulit kepala kering penyebab ketombe sekaligus menyuntikkan asupan nutrisi secara optimal pada kulit kepala.

5. Masker Pepaya dan Grape Seed Oil

Grape seed oil merupakan minyak esensial yang diolah dari biji anggur. Bahan satu ini mempunyai antioksidan yang tinggi sehingga minyak biji anggur kerap digunakan untuk mengatasi masalah ketombe. Bagi yang ingin mencoba masker pepaya juga dapat mengombinasikannya dengan grape seed oil agar kulit kepala senantiasa lembap dan sehat.

6. Masker Pepaya dan Minyak Lavender

Bunga lavender yang khas dengan warna ungunya ternyata tidak dapat merelaksasi tubuh dan pikiran saja. Hasil olahannya yang berbentuk minyak juga dapat dipakai untuk mencegah kulit mengalami stres. Kulit yang mengalami stres akan lebih berisiko terserang beragam masalah rambut, misalnya rambut berketombe. Maka dari itu, tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk mengaplikasikan masker pepaya bercampur minyak lavender.

7. Masker Pepaya dan Madu

Madu merupakan bahan alami yang memiliki segudang khasiat. Salah satunya adalah mengatasi ketombe karena mengandung moisturizer serta nutrisi yang beragam untuk kulit kepala. Apalagi jika madu dikombinasikan dengan buah pepaya yang memiliki vitamin A. Buat masker pepaya dan madu agar kulit kepala terbebas dari masalah rambut berketombe.

8. Masker Pepaya dan Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan bahan alami yang kerap digunakan untuk merawat kecantikan dan kesehatan tubuh. Tidak jarang pula jika minyak zaitun dicampurkan pada produk perawatan kulit dan rambut. Perpaduan dari buah pepaya dan minyak zaitun juga ampuh dalam mengatasi ketombe.

9. Masker Pepaya dan Minyak Mint

Sensasi dingin yang ditimbulkan oleh peppermint oil juga dapat digunakan untuk meredakan gejala iritasi pada kulit kepala. Kondisi tersebut ternyata juga ampuh dalam mengatasi ketombe yang disebabkan oleh iritasi. Selain itu, peppermint oil juga dilengkapi dengan bahan antiseptik yang membasmi jamur penyebab ketombe. Kombinasinya dengan daging pepaya juga menjadikan kulit kepala lebih sehat dan ternutrisi.

10. Masker Pepaya dan Lidah Buaya

Ingin memiliki rambut sehat, lebat dan bebas dari masalah ketombe? Jatuhkan saja pilihanmu pada lidah buaya. Pasalnya, gel lidah buaya memiliki beragam zat yang dapat melembapkan, menutrisi sekaligus meredakan rasa gatal pada kulit kepala. Tentu saja lidah buaya dapat menghindarkanmu dari masalah ketombe yang disebabkan oleh kulit kepala kering, iritasi hingga seborrheic dermatitis. Kombinasinya dengan masker buah pepaya juga menjadikan kulit kepala lebih segar.

Agar hasilnya lebih optimal, jangan ragu untuk menambahkan bahan lain dalam membasmi ketombe. Jadi, sudah siap mengaplikasikan pepaya pada kulit kepalamu?

(vem/kki)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading