Sukses

Beauty

10 Cara Menghilangkan Ketombe yang Aman untuk Dicoba

Rambut berketombe merupakan salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh sebagian orang. Kondisi kulit kepala dan rambut yang dipenuhi oleh serpihan berwarna putih ini kerap membuatmu tidak nyaman. Bukan hanya rasa gatal yang ditimbulkan tetapi juga rontokan serpihan yang membuatmu kurang percaya diri. Namun, tidak perlu khawatir karena rambut berketombe bisa diatasi dan dicegah dengan sederet tips berikut.

1. Tidur yang Cukup

Salah satu cara mengatasi rambut berketombe adalah tidur yang cukup. Waktu istirahat merupakan momen penting bagi tubuh untuk mengembalikan stamina. Termasuk dengan kulit kepala. Bagi yang sering begadang tentu memiliki kulit kepala yang rentan terserang masalah rambut seperti rambut berketombe. Maka dari itu, luangkan waktu delapan jam dalam sehari untuk beristirahat.

2. Rajin Mencuri Rambut

Kurang menjaga kebersihan kulit kepala juga dapat menimbulkan rambut berketombe. Maka dari itu, meski jadwal kegiatanmu padat jangan sampai lupa untuk mengeramasi rambut. Rutinitas satu ini akan meluruhkan tumpukan kotoran yang menempel pada kulit kepala. Selain itu, formula aktif dalam sampo juga akan menutrisi sel kulit kepala agar terhindar dari penyebab ketombe.

3. Gunakan Shampo Anti Ketombe

Ingin mencegah ketombe datang? Jangan ragu untuk menggunakan sampo anti ketombe. Bahan aktif di dalamnya memang dibuat khusus untuk mengatasi ketombe secara menyeluruh. Beberapa kandungan yang biasa digunakan dalam shampo khusus ketombe antara lain ZnPT, ketoconazole hingga sulphure.

4. Konsumsi Buah dan Sayuran

Kekurangan asupan nutrisi merupakan salah satu penyebab ketombe. Hal ini biasa terjadi pada orang yang kerap menerapkan diet kurang sehat. Maka dari itu, selalu sisipkan buah dan sayur ke dalam menu makananmu. Kandungan vitamin dan mineral di dalamnya ampuh dalam menjaga kulit kepala sehat dan terhindar dari masalah ketombe.

5. Nikmati Camilan Bergizi

Gemar menyantap kudapan kecil? Mulai sekarang coba gantikan makanan ringanmu dengan jenis camilan yang lebih bergizi. Misalnya dengan dry fruits atau kacang-kacangan yang mengandung beragam gizi baik untuk kesehatan tubuh. Terutama dalam mencegah rambut berketombe. Kandungan vitamin dan mineral di dalamnya akan memenuhi asupan gizi yang dibutuhkan oleh sel kulit kepala sehingga kulit akan terhindar dari penyebab ketombe.

6. Aplikasikan Masker Rambut

Kulit kepalamu juga butuh relaksasi. Salah satunya adalah dengan membalurkan masker rambut dengan kandungan yang menutrisi. Bisa juga dengan membubuhkan bahan-bahan alami anti ketombe seperti pepaya, minyak zaitun atau pun pisang agar terhindar dari penyebab ketombe. Lakukan hal tersebut minimal sekali dalam seminggu.

7. Luangkan Waktu untuk Hair Scalp

Selain mengaplikasikan masker, memijat kulit kepala juga dapat menjauhkanmu dari masalah ketombe. Pasalnya¸ hair scalp mampu melancarkan peredaran darah yang menjadikan kulit kepala lebih sehat. Selain itu, memijat kepala sembari membalurkan bahan khusus juga akan menutrisi sel kulit kepala.

8. Pilih Produk Perawatan yang Tepat

Jangan sampai rambutmu rusak gara-gara salah memilih produk perawatan. Salah satu cara mencegah rambut berketombe adalah dengan mengaplikasikan produk perawatan rambut dengan bahan yang sesuai dengan kondisi kepala. Misalnya saja bagi yang rentan mengalami kekeringan, hendaknya menggunakan produk dengan kandungan moisturizer di dalamnya.

9. Giat Berolahraga

Olahraga juga menjadi salah satu cara mencegah ketombe yang praktis. Pasalnya, gerakan tubuh dapat melancarkan peredaran darah pada seluruh tubuh termasuk dengan kulit kepala. Kondisi tersebut tentu akan menjauhkanmu dari masalah rambut berketombe. Selain itu, keringat yang keluar juga mengeluarkan toksin dari dalam tubuh yang juga bisa menjadi  penyebab ketombe.

10. Cukupi Asupan Air Putih

Tubuh yang lembap tentu akan terhindar dari beragam masalah kesehatan. Termasuk dengan rambut berketombe. Maka dari itu, jangan malas untuk mengonsumsi setidaknya delapan gelas air putih dalam sehari. Kurangi pula menyantap minuman berkafein seperti teh dan kopi serta soda yang menggunakan pemanis buatan.

Cara mengatasi rambut berketombe ternyata tidak boleh sembarangan. Maka dari itu agar hasilnya lebih optimal dan kulit kepala tetap bersih, terapkan saja beberapa tips di atas. Jangan lupa untuk mengaplikasikannya secara rutin agar ketombe membandel tidak akan mengganggu hari-harimu. Yuk, mulai dari sekarang!

(vem/kki)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading