Sukses

Beauty

Mengenal Lebih Dekat 10 Fakta Tentang Ketombe

Salah satu masalah rambut yang terhitung membuat percaya diri berkurang adalah masalah rambut berketombe. Namun, tidak semua memahami tentang apa itu ketombe, penyebab ketombe hingga cara mengatasi ketombe yang benar. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk meluangkan sedikit waktu untuk mengenal lebih jauh tentang ketombe lewat ulasan berikut.

1. Penumpukan Sel Kulit Mati

Serpihan berwarna putih yang disebut ketombe merupakan hasil dari peluruhan sel kulit mati. Penumpukan sel kulit mati ini bisa disebabkan oleh beragam hal. Mulai dari kondisi kulit yang kering atau pun terserang jamur malassezia yang notabene merupakan penyebab ketombe. Selain itu, seprihan ketombe juga tidak melulu berwarna putih. Pada beberapa kasusu justru ketombe berwarna sedikit kuning.

2. Seborrheic Dermatitis

Bagi yang mengalami rambut berketombe karena seborrheic dermatitis, gejala rambut berketombe muncul secara bertahap. Biasanya, kulit kepala akan menjadi lebih kering, mengkilap dan disertai rasa gatal. Selain itu, penumpukan sel kulit mati yang disebabkan oleh seborrheic dermatitis akan berwarna putih kekuningan.

3. Area yang Dipenuhi Ketombe

Serpihan-serpihan ketombe tidak hanya menempel pada satu area saja. Biasanya, ketombe akan berada pada garis belahan rambut, belakang kepala hingga pangkal leher. Bahkan, ketombe tidak hanya ditemui pada area kepala saja, ketombe juga bisa muncul di dada dan hidung.

4. Ketombe Berwarna Keperakan

Sedangkan rambut berketombe yang disebabkan oleh psoriasis akan berwarna sedikit keperakan. Sedangkan area yang diserang biasanya tersebar di dekat telinga, telapak tangan, dan pangkal leher. Maka dari itu, agar terhindar dari penyakit kulit ini jangan malas untuk menjaga kebersihan kulit secara optimal.

5. Ketombe Dapat Dikendalikan

Perawatan rambut berketombe memang sedikit rumit. Namun, bukan berarti ketombe tidak dapat diatasi. Sebagian besar jenis pengobatan ketombe dapat mengontrol jumlah ketombe yang ada pada kepala. Tidak heran jika cara membasmi ketombe dilakukan secara bertahap agar kulit kepala bersih secara optimal.

6. Bahan Aktif pada Shampo Anti Ketombe

Menggunakan shampo khusus ketombe merupakan salah satu cara praktis untuk membasmi ketombe. Hal tersebut dikarenakan adanya bahan aktif yang dapat mengatasi ketombe secara optimal. Misalnya saja bahan seperti ketoconazole. Selenium sulfide, salicylic acid hingga sulfur. Kesemua bahan tersebut memiliki cara kerja sendiri-sendiri dalam mengatasi ketombe.

7. Konsultasikan ke Dokter

Bagi yang sedang menjalani perawatan ketombe secara alami di rumah, jangan lupa untuk mengonsultasikannya pada dokter. Apalagi jika tidak terjadi perubahan selama dua minggu, akan lebih baik untuk menanyakan hal tersebut. Dokter akan menyarankan cara mengatasi ketombe yang paling tepat berdasarkan gejala dan penyebab yang muncul.

8. Oleskan Mineral Oil

Salah satu cara untuk merontokkan ketombe membandel adalah dengan mengoleskan mineral oil. Produk satu ini akan melembutkan tumpukan sel kulit mati penyebab ketombe. Tidak hanya itu, ketombe pun akan lebih mudah diluruhkan sehingga kulit kepala akan menjadi lebih ringan dan segar.

9. Mengidap Stres

Siapa sangka jika stres juga dapat menjadi penyebab ketombe. Tidak heran jika kondisi tersebut membuat daya tahan tubuh melemah sehingga virus penyakit akan berkembang biak dengan cepat. Hal ini juga menjadikan jamur malassezia berkembang biak melebihi jumlah normal yang meningkatkan produksi sel kulit mati. Agar terhindar dari masalah ketombe, luangkan waktu unutk menenangkan diri.

10. Produk Perawatan Rambut

Agar rambutmu senantiasa sehat dan indah, gunakan produk yang tepat. Maka dari itu, jangan malas untuk menilik kandungan yang ada di dalam produk tersebut. Hal tersebut agar kulit kepala dapat ternutrisi dengan tepat dan tidak menimbulkan rambut berketombe. Sesuaikan pula bahan di dalam produk dengan kondisi kulitmu.

Nah, ternyata rambut berketombe disebabkan oleh beragam hal. Tidak hanya itu, cara mengatasinya pun berbeda-beda tergantung dengan penyebab atau pun kondisi kulit. Dengan membaca ulasan di atas tentu saja masalah rambut berketombe tersebut dapat diatasi dengan optimal.

(vem/kki)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading