Sukses

Beauty

10 Tips Anti Ketombe Untuk Menghemat Waktu Ibu Rumah Tangga

Pekerjaan ibu rumah tangga yang seakan tidak ada habisnya memang menyita banyak waktu. Tidak heran jika acara perawatan rambut juga kerap terelewati. Akibatnya, kulit dan rambut yang terkena imbasnya. Salah satunya adalah masalah rambut berketombe. Namun, tidak perlu pergi ke salon untuk mengatasinya. Tips mengatasi ketombe berikut dapat dilakukan di rumah sembari menyelesaikan pekerjaan.

1. Gunakan Masker Bawang Putih

Bumbu dapur satu ini bisa digunakan dalam membasmi ketombe. Pasalnya, kandungan antiseptik di dalamnya akan menkaga kulit kepala lebih bersih dan terhindar dari jamur penyebab ketombe. Agar lebih praktis, uspakan bawang putih yang sudah dihaluskan pada kulit kepala saat sedang membersihkan rumah. Setelah rumah sudah rapi dan bersih, bilas rambut menggunakan shampo anti ketombe hingga bersih.

2. Masker Lidah Buaya

Hari ini jadwalmu untuk membersihkan kebun? Eits, jangan main pangkas tanaman. Apalagi lidah buaya yang dapat membantumu dalam mengatasi ketombe akibat iritasi dan kulit kering. Memoleskan gel lidah buaya pada kulit kepala dapat meredakan iritasi serta melembapkan kulit kepala secara optimal.

3. Minyak Zaitun

Kegiatan memasak menu santap bagi keluarga memang menyenangkan. Namun, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan waktu tersebut mengatasi ketombe. Sembari memasak, usapkan minyak zaitun murni pada kulit kepala dan bungkus. Lepaskan penutup kepala dan bilas hingga bersih setelah selesai bekerja di dapur. Kandungan dalam minyak zaitun dapat menutrisi sekaligus membasmi kotoran penyebab jamur.

4. Masker Yoghurt

Memiliki sisa yoghurt yang masih dalam kondisi baik? Jangan dibuang dahulu, justru bahan tersebut dapat menyelamatkanmu dari masalah ketombe. Kandungan protein di dalamnya dapat menutrisi dan menstimulasi pertumbuhan sel kulit kepala yang lebih sehat. Usapkan yoghurt pada kulit kepala selama beberapa jam sebelum membilasnya dengan sampo favorit.

5. Pilih Shampo Anti Ketombe dengan ZnPT

Selagi berbelanja kebutuhan bulanan, tidak ada salahnya untuk membeli sampo anti ketombe dengan kandungan ZnPT. ZnPT merupakan kepanjangan dari zinc pyrithione yang ampuh dalam mengatasi masalah ketombe. Zat satu ini akan mengurangi jumlah jamur penyebab ketombe yang meningkatkan penumpukan sel kulit mati. tidak heran jika shampo anti ketombe dengan ZnPT merupakan pilihan wajib bagi rambut berketombe karena jamur.

6. Produk dengan Kandungan Pelembap

Berbeda lagi bagi yang mengalami rambut berketombe karena kulit kering. Produk perawatan dengan tambahan moisturizer di dalamnya merupakan pilihan tepat. Misalnya saja yoghurt, madu atau dadih. Kesemua bahan tersebut memiliki protein yang juga akan menutrisi sel kulit kepala dengan optimal.

7. Sediakan Menu Sehat

Selain mengatasi ketombe lewat produk perawatan, tidak ada salahnya untuk mengatasinya dengan memperbaiki asupan gizi. Salah satu penyebab ketombe yang kerap disepelekan adalah kurangnya asupan nutrisi pada kulit kepala. Maka dari itu, selalu sajikan menu yang mengandung gizi seimbang di dalamnya agar terhindar dari masalah ketombe.

8. Berolahraga Secara Teratur

Sembari menunggu cucian di mesin cuci selesai, tidak ada salahnya memanfaatkan waktu luang tersebut untuk berolahraga. Sekadar berlari di tempat sudah bisa melancarkan peredaran darah pada kulit kepala. Kondisi tersebut akan menghindarkanmu dari rambut berketombe. Pasalnya, oksigen dalam jumlah banyak akan menjaga kulit kepala tetap sehat.

9. Bersihkan Peralatan Rambut

Saat acara bersih-bersih, jangan sampai terlewatkan dalam membersihkan peralatan rambutmu. Seperti sisir, handuk, flat iron hingga roller. Pasalnya, kotoran yang menumpuk di sela-sela barang tersebut juga dapat menjadi penyebab ketombe. Maka dari itu, untuk mencegah ketombe datang, jangan malas untuk membersihkannya seminggu sekali.

10. Jaga Asupan Cairan

Ingin mendapatkan rambut yang sehat meski pekerjaan rumah menumpuk? Jangan khawatir, cara mengatasi ketombe satu ini sangat praktis. Cukup dengan menjaga asupan cairan tubuh sudah dapat mengurangi risiko terhadap rambut berketombe. Maka dari itu, selalu sediakan segelas air putih di dekatmu. Delapan gelas per hari merupakan porsi ideal untuk menjaga kelembapan tubuh dan kulit kepala.

Cobalah cara mengatasi ketombe dengan cara mudah di atas. Pekerjaan rumah teratasi, ketombe pun tak datang lagi.

(vem/kki)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading