Sukses

Beauty

10 Tips Anti Ketombe di Masa Kehamilan

Perubahan kondisi hormon tubuh saat proses kehamilan membuat seorang perempuan dituntut untuk beradaptasi secara cepat. Mulai dari mood yang naik turun, perubahan kebiasaan, kadang-kadang malah bikin malas mandi dan mencuci rambut sehingga muncul ketombe di masa kehamilan. Agar masalah ketombe tidak terus menghantui selama kehamilan, yuk cari tau cara meluruhkan ketombe dari rambut secara alami berikut.

1. Hair Scrub Garam dan Jojoba Oil

Kali ini untuk meluruhkan tumpukan sel kulit mati penyebab ketombe, tidak ada salahnya membubuhkan hair scrub. Ketimbang mengaplikasikan hair scrub instan yang belum tentu baik untuk kandungan, siasati dengan bahan alami. Misalnya saja dengan mencampurkan jojoba oil dan garam. Kombinasi keduanya tidak hanya membasmi ketombe saja tetapi juga menghidrasi kulit kepala.

2. Memoleskan Minyak Esensial

Kondisi tubuh saat hamil berlangsung memang mengalami perubahan. Terutama pada kulit yang rentan mengalami kekeringan dan iritasi. Kondisi tersebut merupakan salah satu penyebab ketombe yang kerap ditemui. Maka dari itu, untuk mencegah ketombe datang, jangan malas untuk meminyaki rambut menggunakan minyak esensial. Kandungan di dalam minyak esensial akan mneutrisi sekaligus menghidrasi sel kulit kepala secara optimal.

3. Mengaplikasikan Tea Tree Oil

Khawatir dengan kandungan produk perawatan rambut akan mempengaruhi kesehatan janin? Jatuhkan saja pilihanmu pada tea tree oil yang mengandung bahan antiseptik, anti-jamur. Memoleskannya secara teratur pada kulit kepala dapat menjaga kebersihan kulit kepala dari malassezia penyebab ketombe. Tidak hanya itu, formula di dalamnya juga ampuh dalam meredakan rasa gatal atau pun iritasi pada kulit.

4. Bilas Rambut Menggunakan Cuka Apel

Sudah menggunakan shampo khusus ketombe yang aman, tidak ada salahnya untuk mengoptimalkan dengan air bilasan khusus. Misalnya saja cuka apel. Bahan yang dapat mengembalikan pH normal kulit ini akan mencegah ketombe datang. Tidak hanya itu, bahan anti-jamur dan anti-bakterinya akan menjaga kulit kepala tetap steril dan sehat.

5. Siasati dengan Mouthwash

Kehabisan shampo khusus ketombe dan belum sempat membelinya? Jangan menunggu ketombe parah, manfaatkan saja mouthwash yang ada. Produk satu ini tidak hanya dapat mensterilkan mulut tetapi juga ampuh dalam membasmi jamur mau pun kotoran penyebab ketombe. Namun, gunakan mouth wash yang tidak mengandung alkohol agar kulit tetap lembap.

6. Menikmati Scalp Massage

Kondisi kulit yang tidak seprima sebelum hamil menjadikannya rentan terkena beragam masalah. Terutama pada bagian kulit kepala yang berisiko tinggi terkena rambut berketombe akibat kulit kering atau pun iritasi. Cara mencegah ketombe di saat mengandung cukup mudah. Nikmati saja layanan scalp massage yang akan menstimulasi produksi sebum pada kulit kepala. Bahan tersebut tentu akan melembapkan kulit kepala secara optimal.

7. Diet Gula

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh selama kehamilan adalah dengan mengurangi gula. Bahan satu ini ternyata mampu memicu kekeringan pada sel tubuh. Tidak terkecuali dengan sel kulit kepala. Kondisi tersebut tentu dapat menjadi penyebab ketombe. Maka dari itu, batasi menyantap sajian berperisa manis untuk menghindari masalah ketombe.

8. Perbanyak Santapan Mengandung Biotin

Cara mengatasi ketombe lain saat sedang menjalani masa kehamilan adalah dengan memperbanyak asupan biotin. Biotin merupakan vitamin B kompleks yang berfungsi untuk menjaga kesehatan rambut dari kerontokan mau pun rambut berketombe. Beberapa jenis penganan dengan biotin misalnya kuning telur, jamur, pisang dan kembang kol.

9. Shampo Anti Ketombe

Bagi yang sedang bingung bagaimana cara mengatasi ketombe, gunakan shampo khusus ketombe dengan kandungan selenium sulfide. Bahan satu ini tergolong aman digunakan bagi ibu hamil. Tidak hanya itu, selenium sulfide juga memiliki zat anti-jamur yang akan mengontrol pertumbuhan malassezia penyebab ketombe.

10. Bubuhkan Minyak Vitamin E

Sebelum tidur, jangan lupa untuk menutrisi kulit kepala agar senantiasa lembap. Salah satunya adalah menggunakan minyak vitamin E. Produk satu ini tidak hanya melembapkan kulit kepala secara optimal. Namun, juga ampuh dalam mencegah ketombe datang. Selain itu, vitamin E juga merangsang pertumbuhan rambut baru yang lebih kuat.

Selain menggunakan obat anti ketombe, tidak ada salahnya untuk melengkapi serangkaian perawatanmu dengan tips di atas. Cara mengatasi ketombe di atas menggunakan bahan alami yang tentu saja aman bagi kesehatan ibu dan janin. Selain itu, nutrisi dalam bahan tersebut juga akan menjadikan rambut lebih sehat.

(vem/kki)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading