Sukses

Beauty

10 Cara Mengatasi Ketombe dalam Keadaan Darurat

Masalah rambut berketombe merupakan satu hal yang kerap dialami oleh sebagian orang. Sel kulit mati yang menumpuk tersebut biasanya menghasilkan serpihan-serpihan kecil pada kulit kepala dan rambut yang dapat membuat penampilan kurang menarik. Nah, bagi yang sedang dalam keadaan darurat dan tidak memiliki banyak waktu untuk mengatasi ketombe, coba saja tips berikut.

1. Pakai Dry Shampoo

Rambut lepek merupakan salah satu kondisi yang membuat penampilan kurang menarik. Apalagi hal tersebut diperparah dengan masalah rambut berketombe. Namun, jangan khawatir, untuk mengatasinya cukup taburkan dry shampoo pada area yang berketombe. Langkah tersebut ampuh dalam mengatasi rambut ketombe dengan cara menyamarkan ketombe.   

2. Ubah Model Rambut


Cara alternatif untuk mengatasi ketombe adalah menutupinya dengan rambut. Biasanya, ketombe menempel pada bagian tengah atau pun pinggir kulit kepala. Siasati dengan mengaplikasikan gaya rambut yang mampu menyembunyikannya. Jika ketombe berada pada garis tengah rambut, hindari model rambut berbelahan tengah. Aplikasikan saja belahan pada salah satu sisi rambut.

Baca juga: Belahan Rambut Yang Harus Anda Coba!

3. Mengaplikasikan Cat Rambut

Saat sedang mengalami masalah ketombe parah, samarkan dengan mewarnai rambut memakai shades cerah. Cara tersebut dapat mengatasi ketombe dengan menyamakan tone serpihan ketombe dengan cat rambut. Salah satu warna yang dapat dijadikan referensi adalah blonde. Namun, bisa juga mengaplikasikan model rambut ombre dengan mengombinasikan warna terang dan gelap.

4. Menggunakan Hair Band yang Berwarna-Warni

Siapa sih yang tidak tahu dengan hair band? Aksesori rambut yang satu ini juga bisa membantumu dalam mengatasi ketombe dengan menyembunyikannya. Kenakan saja hair band berwarna cerah yang akan membuat penampilanmu jadi lebih feminin dan chic. Namun, agar ketombe dapat tersembunyi dengan sempurna, jangan menyisir rambut. Biarkan rambutmu terlihat seperti messy hairstyle.

Baca juga: 4 Gaya Chic Dengan Headband

5. Siasati dengan Topi

Tidak punya banyak waktu lagi untuk sekadar berkeramas dan menghilangkan ketombe? Siasati dengan menggunakan topi. Aksesoris satu ini akan mengatasi masalah ketombe dalam sekejap. Agar gaya tetap stylish, kenakan topi dengan desain menarik. Misalnya saja jika ingin terlihat lebih feminin dan anggun, floppy hat bisa menjadi pilihannya. Berbeda lagi jika sedang berlibur di pegunungan, beanie hat akan menghangatkan kepala.

6. Manfaatkan Scarf-mu

Selain menggunakan topi, bisa juga memilih scarf dengan desain menarik dan motif menarik. Mengenakan scarf tidak hanya dapat mengatasi ketombe dengan menutupinya. Namun, juga menjadikan gayamu tampak lebih retro. Jangan lupa untuk memilih scarf yang sesuai dengan padu padanan gaya agar tetap stylish.

Baca juga: Scarf Bikin Rambut Jadi Lebih Cantik

7. Buatlah Bun

Hanya memiliki waktu lima menit untuk mempercantik diri sedangkan rambut sedang bermasalah dengan ketombe? Tenang saja, siasati dengan mengaplikasikan gaya rambut bun. Tatanan rambut tersebut dapat mengatasi ketombe dengan cara menyembunyikannya. Maka dari itu, sisirlah bagian depan rambut ke belakang untuk menyamarkan ketombe yang biasanya berada pada garis tengah kepala.

8. Bubuhkan Textured Serum

Gaya rambut yang dapat mengatasi rambut berketombe adalah messy hair. Bagi yang memiliki model rambut lurus, bisa menyiasatinya dengan membalurkan textured serum pada batang rambut. Produk tersebut akan membuat rambut lebih bertekstur dan mengembang. Tatanan rambut tersebut dapat menyamarkan serpihan kecil yang menempel pada kulit kepala.

9. Kenakan Pakaian Berwarna Cerah

Warna hitam merupakan warna yang tidak dianjurkan bagi pemilik rambut berketombe. Warna gelap akan membuat serpihan ketombe yang rontok jelas terlihat. Maka dari itu, untuk menegatasi ketombe yang rontok tersebut kenakan saja pakaian berwarna cerah. Warna-warna seperti kuning, putih atau biru muda dapat menyamarkan serpihan ketombe.

10. Bijak dalam Menggunakan Blow Dryer

Mengeringkan rambut menggunakan hair dryer memang menjadi pilihan bagi yang memiliki rutinitas padat. Namun, hal itu justru dapat memperparah ketombe. Maka dari itu, untuk mengatasi ketombe dan rambut basah dalam keadaan darurat, gunakan handuk saja. Jika ingin memakai hair dryer, usahakan untuk menyalakan hair dryer dengan jarak kurang lebih 10 inci dari kulit kepala.

Rambut berketombe memang kerap menimbulkan sejumlah masalah, salah satunya pada penampilan. Cara mengatasi ketombe memang sedikit tricky, apalagi jika sedang berada dalam keadaan darurat. Hal tersebut kerap membuatmu bingung dalam menghilangkan ketombe. Namun, sejumlah tips di atas dapat menyamarkan ketombe untuk sementara waktu dalam waktu singkat. Selamat mencoba.

(vem/kki)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading