Sukses

Beauty

Memencet Jerawat Bikin Kulit Wajah Rusak, Stop Dari Sekarang!

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang kerap dialami oleh hampir semua orang. Ketika mengalami masalah jerawat, tidak jarang seseorang akan memencet jerawat dan berusaha keras untuk mengeluarkan cairan putih di dalamnya. Tapi, tahukah kamu? Memencet atau mengeluarkan isi jerawat justru bisa menyebabkan kulit menjadi rusak dan tidak bersih lagi.

Dikutip dari laman metro.co.uk, kebiasaan buruk memencet jerawat bisa menyebabkan kulit wajah menjadi tidak halus lagi. Jerawat yang dipencet sebelum waktunya bisa saja menimbulkan bekas luka yang akan membuat kulit berlubang. Yang lebih sering, kebiasaan memencet jerawat bisa menyebabkan bekas luka jerawat berwarna hitam di kulit.

Seorang ahli dermatologi menjelaskan bahwa memencet jerawat akan menyebabkan infeksi pada kulit. Infeksi bisa saja disebabkan karena virus dan bakteri yang menempel di jari tangan selama memencet jerawat. Ahli dermatologi yang bernama Michelle Rodrigues dari St Vincent, Hospital's, Melbourne mengungkapkan memencet jerawat juga bisa menyebabkan munculnya jerawat baru.

Memencet jerawat ini bahkan bisa mendorong munculnya sel kulit mati dan bakteri di bawah permukaan kulit. Kalau sel kulit mati dan bakteri muncul semakin banyak, bisa saja hal ini menyebabkan rusaknya kesehatan serta kecantikan kulit. Michelle mengatakan, "Memencet dan mencoba mengeluarkan isi jerawat bukan solusi yang baik untuk mengatasi masalah jerawat. Memencet jerawat justru bisa bikin kulit menjadi rusak dan jerawat yang muncul pun semakin parah."

Namun nih, kalau jerawat nggak dipencet, hal ini juga bisa membahayakan kesehatan kulit. Isi jerawat yang dibiarkan begitu saja bisa menumpuk di lapisan bawah kulit dan akan menyebabkan munculnya benjolan di kulit seperti halnya yang terjadi pada pria berikut ini. Duh, ngeri banget kan kalau sudah begini?

Kalau pun kamu ingin memencet jerawat, konsultasikan hal ini dengan dokter atau ahli kesehatan kulit. Disarankan, agar kamu memencet jerawat setelah jerawat tersebut telah siap dipencet. Biasanya, jerawat siap dipencet setelah satu minggu kemunculannya. Sementara itu, para ahli tetap menyarankan agar kita semua memperlakukan kulit dengan baik agar tidak muncul jerawat. Para ahli juga menyarankan alangkah baiknya jika kita mengatasi masalah jerawat ini dengan memanfaatkan bahan alami sekaligus melakukan konsultasi di ahli kesehatan kulit.

So, mulai sekarang stop kebiasaan buruk memencet jerawat ya? Agar tak muncul jerawat, pastikan untuk menjaga kebersihan kulit dengan baik, konsumsi sayur dan buah sehat serta minum air putih banyak. Hindari berbagai makanan yang bisa menyebabkan munculnya jerawat. Jangan lupa pula untuk selalu membersihkan make up sebelum tidur.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading