Sukses

Beauty

10 Buah yang Ampuh Menghilangkan Ketombe Secara Menyeluruh

Menjaga kesehatan tubuh, terutama kulit dan rambut memang penting. Apalagi jika memanfaatkan beragam jenis bahan alami yang kaya akan nutrisi dan vitamin sehingga tubuh segar dan sehat. Sedangkan untuk mengatasi masalah rambut berketombe yang kerap dialami oleh sebagian orang, dapat disiasati dengan mencukupi kebutuhan nutrisi dari buah-buahan yang memiliki beragam manfaat masing-masing. Ikuti buah apa saja yang bermanfaat untuk kesehatan kulit kepala dan rambut yuk.

1. Apel yang Belum Matang

Salah satu jenis buah yang dapat mengatasi masalah ketombe adalah apel. Terutama untuk apel yang belum matang. Hal tersebut dikarenakan adanya senyawa procyanidin B-2 yang berperan dalam proses pertumbuhan rambut. Apalagi, ketombe juga dikenal sebagai salah satu penyebab rambut rontok. Bahan tersebut akan menutrisi sel kulit kepala secara optimal, sehingga scalp menjadi lebih bersih dan ternutrisi.

2. Pisang

Buah yang juga biasa dijadikan pengganti nasi saat sarapan ini dapat menghilangkan ketombe. Kandungan vitamin B-nya yang tinggi akan menjadikan kult kepala lebih sehat. Selain itu, zat tersebut juga memperlancar aliran darah di kepala sehingga menjadikan kulit kepala lebih segar dan lembap.

Baca juga: Cara Merawat Rambut Dengan Menggunakan Pisang

3. Lemon

Tidak hanya memperkuat daya tahan tubuh serta mencerahkan kulit saja, lemon juga diketahui ampuh dalam mengembalikan pH kulit kepala ke angka normal sehingga bakteri penyebab ketombe tidak akan berkembang biak pada kulit kepala.

4. Avokad

Daging buah yang mengandung omega-3 ini juga dapat digunakan untuk mengatasi ketombe. Zat tersebut kan melembpakan sel kulit kepala secara optimal. Tidak hanya itu, sel kulit kepala juga akan ternutrisi dengan baik sehingga kondisinya senantiasa sehat. Hasilnya, scalp menjadi lebih segar serta terbebas dari risiko rambut berketombe.

5. Pepaya

Cara mengatasi ketombe lainnya yang dapat dicoba adalah dengan menggunakan buah pepaya. Vitamin A yang ada pada pepaya menjadikan kulit kepala lebih ternutisi. Sedangkan enzimnya juga ampuh dalam mencegah ketombe datang kembali dengan mengontrol produksi minyak berlebih sehingga kulit kepala akan terhindar dari masalah rambut berketombe dan lepek.

Baca juga: 6 Manfaat Pepaya Bagi Rambut

6. Anggur

Buah lain yang tidak hanya nikmat disantap tetapi juga mengatasi ketombe adalah anggur. Selain diolah menjadi beraneka macam minuman, anggur juga dapat mengurangi rasa gatal yang disebabkan oleh ketombe. Selain itu, kandungan di dalamnya juga melembapkan sel kulit kepala secara optimal sehingga tidak ada lagi kulit kering yang memicu datangnya ketombe membandel.

7. Melon

Cuaca panas memang pas menyantap beberapa potong buah melon. Namun, siapa sangka jika mengonsumsinya secara rutin, masalah rambut berketombe akan teratasi. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan dari vitamin B yang berperan dalam kesehatan rambut. Selain itu, vitamin C dengan antioksidan tinggi pada melon juga menjadikan kulit kepala lebih ternutrisi dan terasa lembap.

8. Belimbing

Siapa sih yang tidak kenal dengan buah berbentuk bintang ini? Buah belimbing yang kaya air tersebut kerap disajikan dalam rujak manis atau pun diolah menjadi jus segar. Namun, siapa sangka jika belimbing mampu menghilangkan ketombe secara menyeluruh. Hal tersebut dikarenakan adanya vitamin B dan vitamin A yang menjaga rambut dan kulit kepala tetap sehat.

9. Stroberi

Menyantap stroberi secara rutin ternyata menjadikan rambut terbebas dari masalah rambut berketombe. Kandungan salicylic acids di dalamnya akan membasmi bakteri penyebab ketombe sehingga kulit akan senantiasa bersih dan terasa segar. Tidak ketinggalan pula dengan vitamin C-nya yang ampuh menutrisi scalp secara optimal.

10. Nangka

Nangka yang biasa dicampurkan dalam sajian kolak ini mengandung protein. Bahan tersebut ampuh dalam menutrisi sel kulit. Sehingga rambut akan terbebas dari masalah rambut berketombe. Nangka juga dipercaya untuk menjadikan rambut tampak lebih indah karena kandungannya dapat memperlancar aliran darah pada kulit kepala.

Baca juga: Manfaat Mengagumkan Dari Buah Nangka

Buah-buahan memang menjadi salah satu jenis penganan yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Tidak terkecuali dengan masalah rambut berketombe yang dialami oleh sebagian orang. Selain itu, kandungan nutrisi, vitamin dan mineralnya juga menjadikan tubuh dan kulit kepala terasa lebih segar.

(vem/kki)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading