Sukses

Beauty

Waspada, Pakai Kuteks Berisiko Alami Gangguan Hormon

Kuteks merupakan salah satu makeup items yang mampu melengkapi penampilan secara keseluruhan. Dengan pilihan warna yang bervariasi, tampilan jari-jemari akan semakin cantik dengan kuteks. Tapi, di balik warna-warna kuteks yang menarik ternyata terdapat kandungan berbahaya bagi kesehatan.

Disebutkan dalam laman www.techtimes.com, sebuah hasil penelitian menemukan bahwa kuteks mengandung bahan kimia berbahaya. Oleh sebab itu, penggunaan kuteks juga bisa mengancam kesehatan, terutama bagi orang yang terlalu sering mengaplikasikannya.

Bahan kimia berbahaya itu adalah Triphenyl phosphate atau TPHP yang berfungsi membuat produk kuteks tahan lama. Bahan tersebut juga digunakan untuk membuat plastik. Menurut penelitian, TPHP dapat mengganggu hormon karena kandungannya dapat menyerap pada tubuh dan masuk ke aliran darah.

Setelah melalui uji coba TPHP pada binatang, ditemukan bahwa terdapat gangguan reproduksi pada hewan. Dalam riset yang berbeda, TPHP diketahui juga dapat berdampak pada kegemukan. Meski belum ada penelitian lebih lanjut apakah memang sudah pasti bahwa zat tersebut memengaruhi peningkatan berat badan. Tapi yang pasti, zat TPHP memang dapat mengganggu hormon.

Karena adanya fakta ini, maka disarankan agar kita jangan terlalu sering menggunakan cat kuku dan ketahui brand apa saja yang mengandung TPHP. Tips lainnya, hindari menghirup aroma cat kuku karena semakin kuat baunya, kadar racun dalam produk kuteks tersebut juga semakin tinggi.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading