Sukses

Beauty

7 DIY Sampo Alami Untuk Kulit Kepala Kering

Bagi kamu yang punya kulit kepala kering atau rambut kering, kamu butuh shampo yang bisa membuat rambut dan kulit kepalamu lembab. Tapi menemukan satu produk shampo yang cocok tidaklah mudah. Kamu mungkin justru tak cocok setelah mencoba beberapa shampo yang bahkan dijual khusus untuk rambut kering.

Nah, daripada lelah dan kesal sendiri karena tak juga berhasil menemukan shampo yang cocok, kenapa tidak mencoba membuat shampo kamu sendiri di rumah? Dengan menggunakan bahan-bahan alami, kamu tak akan mengalami risiko rambut rusak karena pengaruh shampo pabrik.

    Madu

    Sebuah penemuan dalam jurnal European Medical Journal membuktikan bahwa madu asli yang dilarutkan dengan air hangat bisa meredakan gatal dan kering pada kulit penderita penyakit seborrheic dermatitis kronis.

    Madu adalah obat alami dengan sifat anti-jamur, antibakteri, anti-inflamasi sekaligus menyembuhkan. Cukup ambil 1-2 sdm madu dan campur dengan air secukupnya, oles merata atau rendam kepala di dalam air madu. Setelah beberapa menit, bilas bersih.

    Listerine

    Obat kumur pembersih rongga mulut ini juga jadi bahan yang baik untuk mengatasi kulit kepala kering. Listerine ampuh melawan jamur, dan melembabkan kulit kepala kering. Ambil listerine secukupnya, gosok-gosok ke kulit kepala dan biarkan 5 menit, bilas dengan air hangat.

    Jojoba Oil

    Rebus daun mint dan tambahkan minyak jojoba. Oles dan pijat di kulit kepala. Rendam kepala di dalam air ramuan ini. Biarkan hingga kurang lebih 20 menit, bilas bersih. Jojoba oil dan daun mint bisa memberi kesegaran di kulit kepala.

    Minyak kayu putih

    Gunakan yang organik atau alami, ambil 1 sdt dan 1 sdt obat asam salisilat. Oles merata di kulit kepala dan buat sampo seperti biasa. Jika tak mendapat yang organik, bisa juga pakai yang banyak dijual di pasaran, tapi porsinya tambahkan.

    Cuka Apel/Vinegar

    Campur setengah gelas air hangat dengan setengah gelas cuka apel atau white vinegar. Basuh dan pijat merata di kulit kepala. Cara ini bisa membersihkan kulit kepala kering dan bersisik sekaligus melembabkan. Bilas dengan air hangat setelahnya.

    Lidah buaya

    Ambil lidah buaya, haluskan dagingnya lalu gosok merata di kulit kepala. Lidah buaya sudah terkenal bisa melembabkan kulit, dan bahan alami ini ampuh untuk kecantikan, termasuk rambut dan kulit kepala.

    Baking soda

    Baking soda punya kemampuan mengejutkan membersihkan kulit kepala dan mendinginkan kulit kering. Campur 1 sdt baking soda dengan air hangat dan gosokkan pada kulit kepala, pijat-pijat lalu bilas bersih dengan air dingin.

Mana bahan alami yang cocok denganmu? Coba saja salah satunya ya Ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading