Sukses

Beauty

Sering Tidur Pakai Makeup dan Tidak Dibersihkan? Kasihan Wajahmu Menderita

Lelah, mengantuk, dan sudah tidak ingin melakukan apa-apa lagi seringkali membuat kita mengabaikan aturan membersihkan wajah setelah seharian memakai makeup. Jangankan mengaplikasikan pembersih wajah dan membersihkannya dengan kapas, sekedar mengguyur wajah dengan air bersih saja kita enggan.

Mungkin itu semua kamu lakukan karena kamu belum tahu dampak mengerikan yang mengancam wajah kamu, Ladies. Jika kamu menyadari 6 hal seperti kata Dr. Annie Chiu dan Goodhousekeeping.com ini, kamu akan rajin membersihkan wajah sebelum tidur.

    Jerawat

    Kotoran dan sisa makeup yang menempel pada wajah bisa menyumbat pori-pori dan memicu peradangan, yang kemudian akan berlanjut menjadi jerawat. Iuh!

    Kulit Kusam

    Jika kamu malas membersihkan wajah, kilau dan kesegaran alami kulit akan memudar. Dari hari ke hari, kamu mungkin menyadari bahwa kulit semakin kusam dan tidak lagi bercahaya. Penyebabnya adalah minyak dan kotoran yang menempel di wajah, kemudian membentuk lapisan yang menutupi lapisan kulit baru.

    Kulit Tampak Tua, dan Timbul Keriput

    Minyak dan kotoran yang terjebak di kulit, bisa menimbulkan kerusakan oksidatif. Hal ini akan mengarah pada kerusakan lapisan kulit, yang mengakibatkan penuaan permanen.

    Jika Wajah Sudah Berjerawat, Bisa Makin Parah

    Tidak membersihkan wajah setelah beraktivitas, akan membawa dampak yang lebih buruk pada kamu yang memiliki kulit sensitif. Minyak berlebih pada wajah saat tidur bisa membuat kondisi kulit kamu yang sudah berjerawat bisa semakin memburuk.

    Infeksi

    Tidur dengan wajah penuh makeup memang tidak akan menyebabkan infeksi kulit secara langsung. Namun kondisi kulit kamu yang misalnya sudah berjerawat, akan bertambah buruk kondisinya jika wajah kotor dan berminyak, sehingga menyebabkan infeksi.

    Kulit Kemerahan

    Makeup yang mengandung pewarna atau pewangi, seringkali bisa menyebabkan iritasi jika digunakan untuk waktu yang lama. Bahkan, iritasi itu juga bisa menjadi radang kulit, dan keduanya ditandai oleh kulit yang memerah.

Saat kamu sudah terlalu lelah dan mengantuk untuk membersihkan wajah dengan pembersih, setidaknya sempatkan untuk mencuci wajah dengan air bersih dan sabun, Ladies. Usir jauh-jauh kotoran, minyak dan sisa makeup dari wajah dulu yuk sebelum bobok!

(vem/reg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading