Sukses

Beauty

9 Keampuhan Masker Alami Atasi Jerawat Membandel

Ladies, jangan keburu bete kalau jerawat muncul di wajah Anda. Jangan juga keburu-buru untuk memencet atau menyentuhnya dengan tangan. Ada berbagai macam masker alami yang bisa Anda buat untuk mengatasi jerawat membandel.

Dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapat, Anda bisa mengatasi masalah kulit berjerawat dengan lebih aman dan efektif. Selain itu efek sampingnya pun bisa ditekan seminimal mungkin. Tapi memang butuh kesabaran karena hasilnya baru bisa terlihat setelah Anda rutin menggunakan masker alami ini.

Berikut ini Vemale rangkumkan sembilan jenis masker alami yang bisa Anda coba untuk mengatasi jerawat membandel. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan jenis kulit Anda, Ladies.

(vem/nda)

Masker Lemon

Wajah yang berminyak akan dapat menimbulkan jerawat, selain itu kotoran-kotoran, debu dan polusi dapat mudah menempel pada kulit wajah kita. Nah, buah lemon ini merupakan cara ampuh untuk membasmi jerawat pada kulit wajah anda.

Dilansir dari amazine.co, buah lemon diambil sarinya dan dicampur dengan madu satu sendok teh saja. Sebelumnya, cuci wajah Anda hingga bersih dengan air hangat terlebih dahulu terlebih dahulu. Oleskan campuran madu dan lemon tersebut ke seluruh wajah anda. Diamkan hingga tiga puluh menit. Lalu bilas dengan air dingin. Air dingin disini dimaksudkan agar pori-pori wajah anda mengecil bahkan menutup. Lalu usap dengan handuk yang bersih.

Masker Stroberi

Sebagai buah dengan rasa asam, strawberry mengandung Salicylic Acid alami. Salicylic Acid adalah bahan yang bisa kita temukan dalam berbagai obat jerawat. Karena itu, penggunaan masker strawberry alami dapat membantu Anda mengempeskan jerawat yang membandel tanpa membuat kulit kering. Selain itu, strawberry mengandung antioksidan untuk melawan radikal bebas.

Bahan lain yang dipakai dalam masker alami ini adalah madu yang telah lama dikenal sebagai pelembab alami dan menjaga kekenyalan kulit. Lemon yang dapat mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Kita juga akan memakai yogurt yang dapat memberi nutrisi alami dan menjaga kehalusan kulit. Mudah dan murah kan bahan-bahannya? Yuk mulai.

Bahan:
4 buah strawberry segar
2 sdm madu
1 sdm air lemon segar
2 sdm yogurt tanpa rasa

Cara Aplikasi:

  1. Blender buah stroberi hingga halus, taruh dalam wadah.
  2. Campur dengan madu, air lemon dan yogurt, aduk hingga rata.
  3. Pada wajah bersih, aplikasikan masker strawberry dengan bantuan kuas masker. Anda bisa memakainya juga di bagian leher.
  4. Diamkan selama 10 - 15 menit.
  5. Bilas dengan air dingin, keringkan wajah dengan handuk yang lembut.

Masker Jahe

Dilansir dari livestrong.com, jahe mengandung bahan yang dapat mencegah radang, antara lain gingerol, shogaol dan enzim zingibain. Saat Anda sedang mengalami masalah jerawat, ada baiknya mengonsumsi secangkir jahe hangat. Tidak hanya membuat tubuh nyaman, tetapi juga membantu mengatasi jerawat dari dalam.

Untuk perawatan dari luar, Anda bisa menggunakan obat jerawat alami dari jahe, caranya:

Ambil jahe, cuci bersih, kupas kulitnya.
Parut jahe secukupnya hingga halus, sisihkan.
Bersihkan wajah dan basuh dengan air hangat.
Tempelkan parutan jahe pada kulit yang berjerawat.
Diamkan selama 15 menit.
Bilas dengan air dingin, tepuk-tepuk dengan handuk bersih.

Anda dapat mengulang perawatan tersebut sekali sehari hingga jerawat kempes.

Masker Jagung Muda

Jagung memiliki kandungan prokaroten yang dapat memperbaiki struktur kulit. Selain itu, zat alami dalam jagung dapat membantu mengatasi munculnya jerawat tanpa membuat wajah lebih berminyak atau kering. Akan lebih baik jika Anda memilih jagung muda karena kandungan airnya lebih banyak.

Bahan:
Jagung muda secukupnya, parut halus
1/2 sdm madu

Cara Memakai:

  1. Campurkan jagung muda dan madu hingga tercampur rata.
  2. Aplikasikan masker pada wajah yang sudah dibersihkan, Anda bisa memakainya di bagian bekas jerawat.
  3. Diamkan selama 20 menit, bilas dengan air bersih.
  4. Masker ini akan lebih baik digunakan untuk bekas jerawat yang masih baru. Masker bisa Anda pakai dua hari sekali hingga noda di wajah berkurang. Selamat mencoba!

Masker Gula Merah

Dilansir dari stylecraze.com, kunci dari memperoleh kulit yang sehat adalah memastikan sel kulit mati dan kotoran-kotoran di kulit bisa dengan mudah diangkat. Nah, gula merah adalah salah satu bahan alami pengangkat kotoran dan sel kulit mati yang paling bagus lho, Ladies.

Tergolong sebagai materi alami pengangkat kotoran yang tidak hanya aman untuk kulit, namun juga mudah diperoleh, banyak orang menggunakan bahan masakan di dapur ini untuk masker wajah yang manjur karena mampu mengangkat kotoran bahkan dari dalam pori-pori sekalipun. Caranya cukup larutkan gula merah dalam air secukupnya dan balurkan pada kulit wajah Anda. setelah selesai, bilas dengan air bersih dan sabun wajah bila perlu. Selesai, cukup mudah bukan, Ladies?

Masker Kacang Hijau

Perawatan alami ini dapat dilakukan setiap kali Anda bermasalah dengan jerawat. Atau untuk menjaga kehalusan kulit, Anda bisa memakai masker kacang hijau buatan sendiri dua kali seminggu. Bahan-bahan yang dipakai sangat mudah, Anda bisa menemukannya di dapur.

Bahan:
100 gram kacang hijau
2 sdm plain yogurt (yogurt tanpa rasa)

Cara Membuat:

  1. Rendam kacang hijau selama 1 jam.
  2. Blender kacang hijau hingga berbentuk halus.
  3. Campur kacang hijau dengan yogurt, aduk hingga rata.
  4. Bersihkan wajah, keringkan, lalu oleskan dengan masker kacang hijau.
  5. Diamkan wajah selama 30 menit, lalu bersihkan wajah dengan air dingin.
  6. Tepuk-tepuk wajah dengan handuk kering. 

Masker Alpukat

Ladies, buah alpukat yang lezat ini ternyata dapat digunakan sebagai beauty-treatment lho. Siapa yang tak mau memiliki wajah menawan bebas jerawat, bebas kusam, dan bebas minyak? Hal tersebut tentu saja menjadi idaman para wanita-wanita, termasuk Anda.

Jika Anda memiliki keluhan akan kulit wajah Anda yang selalu berminyak dan terlihat tidak menarik walaupun sudah berdandan. Make-up Anda selalu rusak karena minyak yang dihasilkan oleh kelenjar minyak di wajah Anda terlalu berlebihan, akibatnya zat-zat serta debu yang ada di sekitar Anda akan masuk ke dalam pori-pori. Hal ini tentu dapat menyumbat pori-pori kulit wajah Anda dan menyebabkan munculnya jerawat.

Dilansir dari laman stylecraze.com, cacahan alpukat yang dicampur dengan putih ttelur dan air perasan lemon sangatlah bagus dan ampuh digunakan sebagai masker bagi wajah yang berminyak. Cacahan alpukat ini akan menghasilkan minyak yang menyeimbangkan kerja air lemon sebagai astringen alami dan putih telur yang menutrisi kulit Anda. Hanya dibutuhkan waktu selama 20 menit jika Anda ingin mendapatkan kulit yang bebas minyak.

Masker Kayu Manis

Ladies, biasanya kayu manis digunakan untuk membuat minuman seperti es campur menjadi lebih nikmat. Tetapi, selain itu, bisa digunakan sebagai ramuan luar yang alami dan aman digunakan untuk menyembuhkan jerawat yang membandel.

Well, biasanya bisa dilakukan dengan menumbuk halus kayu manis ini kemudian bisa dicampur madu. Kemudian campur adonan tersebut kemudian diamkan selama beberapa saat lalu bisa dioleskan ke wajah yang terinfeksi jerawat. Pastikan tangan Anda steril Ladies, jangan sampai bakteri bisa menambah jerawat Anda semakin parah karena bakteri bisa mengakibatkan infeksi.

Seperti yang dilansir oleh kawaiibeautyjapan.com, menghilangkan jerawat dengan kayu manis terbukti ampuh bila dilakukan secara rutin. Karena alami maka masker bisa dipakai berulang kali asal disimpan di tempat yang aman seperti kulkas. Jadi, masker yang telah Anda buat bisa dipakai berulang kali. Selain untuk wajah, Anda juga bisa menggunakannya untuk lulur badan. Bagaimana Ladies, kayu manis sangat multi fungsi bukan?

Masker Pepaya

Salah satu masker dari bahan alami yang sangat berguna untuk kecantikan Anda adalah masker pepaya. Masker yang satu ini memiliki banyak sekali kegunaannya. Beberapa kegunaannya yang berkaitan dengan kecantikan Anda, terutama kecantikan wajah adalah untuk menghilangkan jerawat dan juga noda-noda hitam akibat jerawat tersebut.

Dijelaskan dalam stylecraze.com, untuk membuat masker dengan tujuan ini, Anda perlu menghaluskan potongan pepaya yang Anda miliki tersebut. Anda hanya perlu melakukan hal ini saja. Anda tidak perlu menambahkan apapun ke dalam tumbukan pepaya yang telah Anda buat tersebut.

Setelah itu, Anda bisa mengaplikasikan masker pepaya Anda tersebut ke wajah Anda secara merata tentunya. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 25 menit. Basuhlah wajah Anda sesudahnya dengan menggunakan air hangat yang telah Anda persiapkan sebelumnya. Lakukan hal ini secara teratur untuk hasil yang maksimal.

[pos_1]

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading