Sukses

Beauty

Ladies, Efek Memakai Parfum Bisa Mengingatkan Masa Lalu Lho!

Parfum menjadi pilihan seseorang untuk membuat tubuhnya tercium lebih wangi. Namun, selera setiap orang tentunya berbeda-beda. Maka dari itu, seseorang dapat menyukai atau bahkan menghindari aroma yang tidak disukai saat memilih parfum.

Tahukah Anda, hal tersebut rupanya sangat berpengaruh otak Anda sehingga menjadi suatu memori yang cukup kuat di otak. Kasandra Putranto sebagai Psikolog menerangkan jika setiap aroma ada referensinya. Sehingga pilihan parfum oleh seseorang akan direkam dan berpengaruh pada ingatan masa lalu seseorang.

Kasandra saat menjelaskan pengaruh parfum dan otak | Photo: Copyright Doc Vemale.com

"Dalam memilih parfum, biasanya ingatan seseorang membentuk persepsi tertentu pada benak seseorang tersebut. Termasuk terhadap aroma di sekitarnya. Bahkan, parfum bisa mempengaruhi tingkah laku seseorang," papar Kasandra kepada Vemale di kawasan Jakarta Selatan pada Selasa 25 Agustus 2015.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, semua pengalaman aroma seseorang bahkan saat kecil akan ditangkap oleh serabut otak di bagian limbik kemudian direkam, diregistrasi, lalu proses eliminasi hingga membuatnya memilih wangi yang disukai.

"Seperti, ada orang yang lebih suka wangi pohon, karena waktu kecil sering dibawa ke hutan pinus oleh orang tuanya. Bisa juga orang tidak suka bau mawar, karena ibunya yang galak suka pakai parfum mawar," jelasnya.

Menurutnya, hal ini dapat terjadi lantaran ingatan yang dapat membentuk persepsi seseorang dengan kuat dalam otak. "Otak kita memiliki ingatan terhadap bau yang kita rasakan waktu kecil. Apakah bau ruangan, bau ibu kita, bau makanan, dan lain sebagainya. Bau tersebut tertanam di dalam ingatan kita dan bisa membuat kita nyaman,” tambah Kasandra.

Bagi Kasandra, secara tidak sadar sebuah aroma parfum dapat membuat orang lain menjadi terpengaruh. Parfum tidak hanya dipakai untuk diri sendiri saja, tetapi parfum dipakai untuk orang lain di sekitar Anda.

(vem/yun/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading