Sukses

Beauty

5 Penyebab Munculnya Jerawat Yang Perlu Diketahui

Salah satu hal yang bisa mengurangi rasa percaya diri seseorang adalah jerawat. Ya, karena jerawat yang membandel, tidak sedikit wanita merasa malu, tidak percaya diri dan merasa dirinya kurang cantik. Pada dasarnya, ada banyak hal yang menjadi alasan kenapa jerawat muncul dan sangat mengganggu.

Beberapa study menyebutkan bahwa beberapa hal yang secara spontan bisa menyebabkan jerawat adalah adanya faktor genetik, hormon, makanan, kosmetik yang salah dan kurangnya kesadaran untuk menjaga kebersihan kulit. Tapi, selain beberapa hal ni, dilansir dari laman medicalnewstoday.com, ada beberapa hal yang bisa memicu munculnya jerawat. Dan beberapa hal tersebut antara lain adalah:

    Masalah Pencernaan

    Seseorang yang memiliki masalah dengan kesehatan pencernaan akan lebih mudah terserang jerawat. 8 dari 10 orang yang mengalami masalah pencernaan, seseorang dengan pola makan yang tidak sehat, kurang minum dan terlalu banyak konsumsi gorengan dipercaya lebih rentan terhadap jerawat. Jadi, ketika Anda menemukan jerawat di wajah Anda, cari tahu kembali apakah Anda memiliki masalah dengan sistem pencernaan Anda?

    Tangan Yang Tidak Higienis

    Banyak orang yang tidak sadar kulit wajah sedangkan tangannya tidak bersih alias tidak higienis. Perlu kita tahu, tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang mengandung banyak bakteri sehingga bisa memicu tersumbatnya pori-pori di wajah dan menyebabkan munculnya komedo ataupun jerawat.

    Stres

    Stres merupakan salah satu hal yang menjadi penyebab utama munculnya jerawat. Ketika seseorang mengalami stres, hal ini akan berpengaruh pada hormon yang akhirnya menyebabkan jerawat muncul dengan mudah. Agar Anda bisa terbebas dari jerawat, usahakan untuk tidak terlalu stres. Pastikan untuk tetap tenang dan nyaman dengan segala kondisi Anda saat ini.

    Sarung Bantal

    Inilah penyebab jerawat yang sangat jarang disadari. Sarung bantal yang sudah terlalu lama tidak diganti bisa dipastikan mengandung banyak bakteri dan kuman yang bisa memicu jerawat. Sarung bantal adalah salah satu benda yang sering diselimuti oleh debu, kotoran pada rambut, kulit mati serta ketombe, sisa make up dan masih banyak lagi.

    Kurang Tidur

    Kurang tidur adalah salah satu hal disebabkan sekaligus menyebabkan stres. Ketika seseorang kurang tidur, hal ini dipercaya mampu membuat jerawat muncul dengan mudah. So, ketika Anda menginginkan wajah bersih dan bebas dari jerawat, usahakan untuk tidur cukup setidaknya 6 jam setiap hari. Pastikan pula bahwa tidur Anda berkualitas.

Itulah beberapa penyebab jerawat yang perlu diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat dan kita semua terbebas dari masalah jerawat. Pastikan untuk memiliki pola hidup sehat, perbanyak konsumsi sayur dan buah serta minum air putih cukup juga olahraga cukup agar jerawat tidak mudah muncul di tubuh.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading