Sukses

Beauty

Sering Menyepelekan Kesehatan Kulit Kepala? Ini Anjuran Dokter

Ladies, tahukah Anda bahwa kesehatan kulit kepala mewakili kesehatan rambut? Jika kulit kepala sehat maka rambut pun ikut sehat. Namun, apakah Anda sudah meluangkan waktu untuk menjaga kesehatan kulit kepala?

Menurut dr. Nadia dari klikdokter.com, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit kepala Anda. Beberapa di antaranya membersihkan kulit kepala, memakai pelindung kepala, menjaga kebersihan dari alat kecantikan rambut, memakai kondisioner dan serum, mengatur pola makan yang bergizi, dan minum air putih.

Foto: dok. Vemale

"Setiap kali membersihkan kulit kepala, pijatlah 5-10 menit karena hal ini dapat melancarkan peredaran darah di kepala atau ada cara lain seperti melakukan senam yang mengutamakan kesehatan jantung seperti aerobik dan jogging, karena akan memacu jantung untuk memompa darah lebih cepat ke seluruh tubuh," kata dr Nadia saat ditemui dalam acara launching Johnny Andrean Premium di Lantai 3 Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis, 2 Juli 2015.

"Sehingga nutrisi hingga ke daerah akar rambut lebih cepat. Kemudian Gunakan pelindung kepala jika berada di luar ruangan karena matahari langsung dapat merusak kulit kepala," tambahnya.

Lebih lanjut dr. Nadia menjelaskan, wanita cenderung menunda untuk membersihkan alat kecantikan rambut, terutama sisir. Karena apabila kotor maka kotorannya akan menumpuk pada rambut dan kulit kepala setiap kali rambut disisir. Maka dari itu harus selalu memperhatikan kebersihan sisir.

"Bila menggunakan hair dryer, alat catok atau alat penata rambut lainnya, sebaiknya aplikasikan kondisioner dan serum setelah keramas. Agar melindungi rambut dari suhu tinggi. Dan lakukan juga perawatan masker rambut seminggu sekali," jelasnya.

Dr Nadia pun menghimbau perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin A untuk membantu menjaga kesehatan kulit kepala, sedangkan vitamin B kompleks untuk menghambat pertumbuhan uban, zink, zat besi, copper, iodine dan inositol.

"Dan jangan lupa untuk konsumsi air putih minimal dua liter per hari untuk membantu proses penundaan kerusakan rambut," tutup dr. Nadia.

So, Ladies, jangan sepelekan kesehatan kulit kepala, ya. Yuk, kita mulai lebih rutin lagi merawat kesehatan kulit kepala sekaligus rambut cantik kita.

 
(vem/yun/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading