Sukses

Beauty

9 Langkah Merawat Kuku Agar Tetap Sehat

Sebagai seorang wanita, sangat wajar jika Anda suka menghias kuku Anda. Kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang mudah dilihat, dan Anda cenderung tertarik untuk mempercantik kuku Anda. Namun sudahkah Anda melengkapi ritual mempercantik kuku Anda dengan merawatnya? Kuku akan menjadi kekuningan dan mudah patah jika Anda salah merawatnya. Ikuti tips ini, seperti yang telah dilansir oleh Seventeen.com, agar kuku Anda lebih terawat.

    Jangan Selalu Menggunakan Cat Kuku

    Terlalu sering menggunakan cat kuku bisa membuat kuku Anda berwarna kekuningan. Untuk memulihkan warnanya, campurkan satu sendok makan baking soda, setengah sendok teh minyak zaitun dan sedikit air perasan lemon. Oleskan campuran tersebut pada kuku Anda, lalu diamkan selama 10 menit, kemudian bilas. Kuku Anda akan tampak lebih bersih. Dan jangan lupa mengambil waktu "libur" dari cat kuku untuk kuku Anda.

    Jangan Memotong Kutikula

    Munculnya bintil kuku seringkali terjadi karena Anda memotong kutikula secara berlebihan. Jangan dipotong, pakailah minyak kutikula untuk menjaganya tetap sehat.

    Jangan Pakai Pembersih Cat Kuku Yang Mengandung Aseton

    Aseton menyebabkan kelembapan alami kuku hilang, dan kuku menjadi kering serta mudah patah. Pakailah pembersih kuku yang tidak mengandung aseton.

    Pakai Base Coat

    Pakailah base coat, atau lapisan dasar, sebelum memakai cat kuku. Pilihlah yang mengandung kalsium untuk menguatkan kuku Anda.

    Pakailah Moisturizer

    Kuku memiliki kandungan protein yang disebut keratin. Keratin membutuhkan kelembapan agar tetap sehat. Pakailah krim pada tangan dan kaki Anda sebelum tidur. Pakai juga sarung tangan dan kaos kaki jika memungkinkan, untuk menjaga kelembapan.

    Jangan Sembarangan Memotong Kuku

    Kuku Anda lebih rapuh dan mudah patah saat basah, misalnya setelah Anda mandi.

    Jangan Menipiskan Kuku Bagian Atas

    Kuku Anda akan menipis jika Anda menipiskannya pada bagian atas. Untuk mengurangi ketajaman, tipiskan bagian tepinya saja.

    Jangan Pakai Sabun Cuci Tangan Yang Mengandung Alkohol

    Sabun cuci tangan yang mengandung alkohol akan membuat kuku dan tangan Anda kering. Pilihlah sabun cuci tangan yang tidak mengandung bahan kimia yang keras.

    Jangan Memelihara Kuku Terlalu Panjang

    Menurut penelitian, kuku yang terlalu panjang akan menyimpan bakteri, yang dapat menyebarkan penyakit. Potonglah kuku Anda secara teratur.

Selain sehat dan enak dilihat, kuku yang bersih, terawat, dan tidak terlalu panjang juga membuat aktifitas Anda lebih nyaman. Perhatikan bahan-bahan kandungan pada produk perawatan yang Anda pakai, hindari bahan-bahan yang membuat kulit dan kuku Anda kering.

 

(vem/reg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading